30/03/2016

Bebehero Dukung Ibu Membesarkan Anak Hebat


Tanggal 26 maret 2016 yang lalu, saya dan beberapa ibu-ibu blogger datang langsung ke BebeHero park di kokas Jakarta. Untuk ibu-ibu yang membawa buah hatinya bisa langsung menjelajah aneka permainan untuk mengajak anak-anak bermain serta belajar dan mengajarkan nilai-nilai baik disekitarnya. Banyak permainan yang disediakan BebeHero Park sesuai usia anak.

Ini oleh-oleh dari talkshow acara keren BebeHero Park yang di hadiri oleh Ibu Andi Airin, Sr Brand manager Bebelac, Pesepak bola nasional negri ini Bambang pamungkas dan Mba Roslina Verauli M.psi psikolog cantik yang ramah favorite saya :)



Memberikan nutrisi yang optimal harus sudah dimulai sejak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Melengkapi kebutuhan nutrisinya, baik yang di dapat dari lauk pauk, sayuran buah serta susu. Dengan minyak ikan dan asam linoleat serta vitamin dan mineral. Bebelac diperkaya dengan vitamin dan mineral, vitamin A, zat besi, zinc, iodium, dan kalsium akan membantu tumbuh kembang dengan optimal. Dengan pemenuhan nutrisi yang optimal akan membantu anak-anak kita mencapai tumbuh kembang terbaiknya, memudahkan mereka dalam proses belajar dan beradaptasi dengan lingkungan sehingga mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang cepat tanggap, memiliki rasa perduli yang tinggi serta penuh kasih sayang.

Bagi seorang anak, orang tua khususnya ibu adalah pengajar utama dalam proses perkembangan fisik dan mentalnya. Mereka akan mencari role model, apakah orang tua meletakkan dasar moral dan empati sebelum anak-anak belajar dari lingkungan sekitarnya. Jadi PR besar sekali untuk kita para ibu, bagaimana memberikan nutrisi terbaik dan memberikan contoh baik agar anak kita memiliki nilai kebaikan, dan empati serta perduli yang tinggi pada orang lain.

Menanamkan nilai-nilai baik agar anak memiliki aksi hebat :

3 Metode penyampaian :
- Story telling, membacakan buku cerita dengan tokoh yang senang mmebantu orang lain. Mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
- Role play / bermain peran, bermain dengan berganti peran sebagai orang yang butuh pertolongan.
- Modeling, orang tua berperilaku sesuai dengan apa yang diajarkan pada anak agar anak dapat meniru perilaku tersebut.

" Anak-anak yang hebat  adalah anak-anak yang sehat, dan kompeten secara emosi juga kompeten secara sosial " Roslina Verauli M.psi.

Pernah ngalamin nggak mak, kita sampai ke rumah kelelahan setelah beraktifitas, lalu anak kita menyodorkan air putih sambil berkata " Ini minumnya bun, bunda cape ya ? " menatap wajah kita dengan pandangan cemas ? duhh... cape yang kita rasakan langsung hilang entah kemana kan mak ?

Atau saat saya kurang enak badan, seharian di kamar lalu putra saya masuk ke kamar lalu dengan ekspresi khawatir bertanya apanya yang sakit Bun ?. Syukuri moment itu Mak, karena itu berarti anak kita memiliki empati dan keperdulian yang tinggi pada sekitarnya. Dan hargai kebaikan-kebaikan yang sudah di lakukan anak-anak kita. Beri pelukan sayang dan ucapkan rasa terima kasih yang dalam. Itu akan membuat mereka mengerti bahwa empati dan kebaikan hati adalah sikap baik yang harus terus dilakukan.

Agar aksi hebat anak makin terpupuk, ada beberapa cara yang dapat dilakukan :
- Berikan pujian
- Berikan anak kesempatan untuk mencoba membantu
- Ajak anak diskusi ketika kita melihat ada orang yang membutuhkan bantuan
- Buat tradisi keluarga dalam bidang aksi sosial

" Empati adalah gerbang dari aksi perduli kepada orang lain termasuk nilai kebaikan yang dimiliki oleh anak. Oleh karena itu dasar pendidikan moral dengan berempati harus di mulai sejak dini karena tumbuh dan berkembangnya empati pada anak sejak dini akan berpengaruh pada perkembangan watak atau kepribadian prilaku saat anak dewasa nanti " Rolina Verauli M.psi. 

Kepahlawanan akan muncul dari rasa perduli terhadap orang lain yang membutuhkan bantuan.  5 nilai kepahlawanan adalah kunci supaya anak memiliki aksi hebat. 
- Alturis, rasa ingin membantu orang lain.
- Empati, kemampuan untuk mengerti perasaan orang lain.
- Percaya diri, anak yang tergerak membantu orang lain adalah anak yang percaya pada kemampuan dirinya sendiri.
- Berpikiran positif, seorang anak akan berfikir positif dan melihat masalah dari sudut pandang positif dan yakin setiap kesulitan ada jalan keluarnya
- Gigih, anak yang gigih tidak akan mudah menyerah dalam membantu orang lain. 



Anak yang memiliki aksi hebat pasti membuat orang tua bangga kan mak ?. Mereka juga akan memiliki manfaat psikologis dalam perkembangannya. Anak-anak akan lebih peka dan menghormati kebutuhan orang lain. Mengasah kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Rasa percaya diri akan bertambah, dan anak-anak akan terus termotivasi untuk terus berbuat baik baik untuk lingkungan maupun dirinya sendiri.



Ibu-ibu juga bisa mengikuti kontes Bebehero 2016 berhadiah emas batangan 24 karat setiap minggunya. Cukup upload foto dan cerita singkat aksi hebat si kecil. Untuk informasi lebih lengkap mengenai campaign BebeHero Grow Them Great silahkan klik linknya  DISINI


25 comments:

  1. Seru banget kayaknya, jadi ingat dulu pernah dapat job ngeliput Bebelac Roadshow di Pontianak beberapa tahun lalu. Btw, itu kontesnya berlaku umum ya Kak? Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ishhh seru ya acaranya kak, iya... siapa aja boleh ikut :)

      Delete
  2. Aih ada mas bambang, ups salah fokus.
    Mau cari tahu secara lengkap ttg bebehero, meluncur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diliat langsung ternyata mas Bambang lebih oke loh mak :)))

      Delete
  3. Keren kontes nya, sayang bayiku sudah 9 tahun hehehe

    ReplyDelete
  4. menjadi ibu kalau melihat anaknya berhasil melalui masa-masa kecilnya dan perkembangannya normal, saja sudah senang...apalagi kalau anaknya menunjukan kehebatannya, orang tua pasti akan bangga sekali ya, Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mak, kebahagiaan dan kebanggan kita sebagai org tua ya :)

      Delete
  5. Tugas orang tua ya, ga cukup cuma bikin mereka pintar :)

    ReplyDelete
  6. Mak ir, mau nyapa tapi lg bawa bocil di kokas sabtu lalu ^^
    Momen peduli si anak terhadap kita bener2 tak ternilai yah mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa...sayang bgt, smg kpn2 bisa ketemu lg ya mak. Bener bgt mak :)

      Delete
  7. wah acaranay menarik ya, memang ibu2 perlu banyak menimba ilmu seperti di acara2 seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, acaranya menarik dan sarat ilmu mak :)

      Delete
  8. Bagi orantua seperti saya, anak sehat dan aktif sudah alhamdulillaah ya. Acaranya menarik :). Kayaknya betah anak djaak main2 gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya anak sehat segalanya buat org tua ya mak. Seruu mak... :)

      Delete
  9. ahhh nengnong aku ko lebih pokus liat ganteng baju batik merah ya..
    sapa..sapa atulah kenaln? mc nya kah?

    ReplyDelete
  10. Dari kecil anak mesyi diajak diskusi untuk ikut menyelesaikan masalah yaaa. Ntar gede nya biar jago debat heheheh #Kabur

    ReplyDelete
  11. sayang banget saya belum punya anak :(

    ReplyDelete
  12. Waaah hadiahnya lumayan banget yaaa. Emas 24 karat. Ikutan aaaahhh. Makasi infonya Maaaak

    ReplyDelete
  13. wah seru ketemu Bambang Pamangkus ya

    ReplyDelete
  14. Kapan diadakan lagi ya, soalnya saya mau ikut partisipasi,,

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)