01/03/2016

Ragam Manfaat Minyak Kemiri


ragam manfaat minyak kemiri
 Biji Kemiri 

Hai maks, selamat pagi ... tiba-tiba pengen bahas soal resep tradisional untuk perawatan tubuh nih. Baca yuk, insyaalloh bermanfaat :)

Minyak kemiri adalah salah satu resep tradisional perawatan tubuh, bagus juga untuk perawatan rambut. Khasiat yang dimiliki oleh minyak yang terbuat dari biji kemiri ini sudah terbukti kebenarannya loh. Minyak yang terbuat dari salah satu bumbu masak ini bisa kita buat juga di rumah, meski banyak juga produk yang menjual minyak ini dalam kemasan dan merk dagang tertentu.

Besarnya manfaat dari biji kemiri ini sangat di cari oleh berbagai kalangan. Tapi kalau teman-teman mau coba membuatnya di rumah juga sangat mudah dan praktis. Cukup membeli biji kemiri di pasar atau ambil di dapur kalau ada, lalu menyiapkan alat masak seperti wajan, kompor dan blender. Ini cara pembuatannya :

1. Blender biji kemiri
2. Masukan hasil blender ke dalam wadah dan tambahkan air
3. Peras kemiri yang sudah di blender seperti memeras santan kelapa
4. Setelah itu diamkan sampai minyak dan air terpisah

Meskipun membuat minyak kemiri ini tergolong mudah, tapi seringkali orang malas membuatnya. Apalagi banyaknya produk jadi yang dijual di pasaran. Belum lagi proses pemisahan minyak dan air memakan waktu yang lumayan lama juga loh maks, lebih dari 24 jam.  Dan proses pengendapan santan juga bisa menimbulkan kerusakan pada minyak apabila tidak diproses dengan benar. Waktu yang begitu lama dibutuhkan untuk mendapatkan minyak dari santan kemiri tidak sebanding dengan hasilnya yang sangat sedikit. Dan tidak semua orang cocok menggunakan minyak dari biji kemiri ini. Biasanya mereka cenderung merasa gatal apabila tidak cocok. Sebelum menggunakan minyak ini pastikan bahwa tubuh kita tidak menunjukkan reaksi penolakan ya mak.

Kemiri tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan rambut, tapi juga bisa sebagai penyembuh banyak penyakit lainnya seperti diare, disentri dan obat sakit gigi. Hanya dengan meneteskan beberapa tetes pada gigi yang terasa sakit beberapa menit kemudian, nyeri pada gigi akan hilang. Namun apabila untuk sakit diare campurkan kemiri yang sudah berupa minyak beberapa cc ke dalam air lalu minum. 

Kandungan yang terdapat pada biji kemiri memiliki namalatin Aleurites moluccana ini sangat beragam. Mulai dari protein, lemak, vitamin B1, vitamin E dan masih banyak lagi yang membuatnya sangat bermanfaat dan berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit dan perawatan tubuh. Manfaatnya sebagai minyak kemiri merupakan salah satu cara untuk mempermudah dikonsumsi atau menyembuhkan penyakit. Berbagai macam bahan makanan yang tumbuh secara alami di sekitar kita memang secara sadar maupun tidak mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan dan kebutuhan kesehatan tubuh. Tuhan sudah menciptakan alam dengan segala manfaatnya, sekarang giliran kita untuk menjaga dan memelihara agar semakin baik dan tumbuh subur untuk anak cucu kita nanti. Setuju ya mak, kalau menggunakan produk alami dari alam lebih menenangkan dan menyehatkan ;)

Untuk informasi kesehatan dan kecantikan yang lain, teman-teman bisa kunjungi dan baca-baca di blog Tips Kecantikan

16 comments:

  1. Iya yah caranya sangat terlihat mudah tapi ya itu rasa malas menghilangkan semuanya jadi terasa sulit bun huhu

    ReplyDelete
  2. kemiri emang banyak manfaat ya mbak, salah satunya untuk penumbuh rambut.

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada banyak manfaat. Aku taunya cuma buat kesehatan rambut. :D

    ReplyDelete
  4. buat menghitamkan rambut jg bisa ya

    ReplyDelete
  5. aku taunya minyak kemiri cm buat rambut aja mbk irma, ternyata manfaatnya banyak yak

    ReplyDelete
  6. Saya biasa cari yg praktis aja Mak, yg udah jadi lgs pakai, hehe...

    ReplyDelete
  7. kalo dulu waktu aku kecil sama papa aku kemiri dibakar dulu baru diambil minyaknya buat ditaro ke rambut, supaya tumbuh tebal. kalo papa aku pke buat kumis + jenggot hahahaa

    ReplyDelete
  8. Sepertinya harus dipraktekan Mak...lumayan obat buat obat sakit gigi kalo lagi kambuh.

    ReplyDelete
  9. jadi inget rambut xylo yang botak dan semua orang nyuruh pake minyak kemiri. tapi aku malas huhu

    ReplyDelete
  10. Huwa, minyak kemiri, aku suka makan kemiri yang digoreng, tapi kalo bikin minyak kemiri sendiri kayanya nggak sanggup mak

    ReplyDelete
  11. Iya deh aku percaya, rambutmu bagus soalnya

    ReplyDelete
  12. Kemiri manfaatnya banyak ya :D
    Di rumah kalau masak nasgor gak pake kemiri rasanya kurang lengkap. Ah jd inget persediaan kemiri di dapur abis :((

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya saya suka sekali dengan obat atau ramuan herbal seperti ini tapi gak tahu kenapa yah, kok malas sekali. Yang jelas dulu mbah saya selalu memakai minyak kemiri kadang beli kadang buat sendiri, dan saya nebeng lahhh,,, Hehe

    ReplyDelete
  14. Manfaatnya banyaak ya. Aku biasanya pakai buat masak

    ReplyDelete
  15. Ternyata minyak kemiri bagus juga buat perawtan rambut, baru tahu!!
    Terima kasih Mba Irma telah berkenan sharing,,

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)