02/05/2016

One Step Ahead Mom

One Step Ahead Mom,...


One Step Ahead Mom adalah tidak hanya memberi yang terbaik untuk masa depan anak-anaknya, tetapi selangkah lebih maju dalam merencanakan keberhasilan anak-anak di masa depan. Menemukan potensi, memberikan nutrisi, merencanakan pendidikan dan menyiapkan dana dengan matang. Perencanaan yang baik akan membantu ibu memberikan dukungan terbaik untuk anaknya. 

Mau donk ya menjadi ibu yang selangkah lebih maju menyiapkan kesuksesan anak di masa depan. (( aku mau ))  ^_^

Tanggal 29 April 2016 lalu, saya berkesempatan hadir di undangan talkshow dengan tema One Step Ahead Mom bersama Nutrilon Royal di Bursa Efek Jakarta. Hadir beberapa pembicara yang bikin saya melek, gimana sih jadi One Step Ahead Mom ?? karena di balik kesuksesan dan keberhasilan anak, ada peran ibu yang harus selangkah lebih maju supaya anak-anak mampu bersaing dan meraih kesuksesan dan kebahagiaan di masa depan.

Perwakilan dari Nutrilon menyerahkan plakat untuk pihak BEJ

Ini oleh-oleh talkshownya ya Mom ;) 

Menurut Psikolog Ajeng Raviando,Psi  " pada dasarnya setiap anak itu cerdas, tinggal bagaimana orang tua, guru dan masyarakat pada umumnya mencari cara untuk mengenali, menghargai dan mengembangkan bakat dan potensi setiap anak ". Ini masih terus menjadi PR saya, si kecil Sean kalau di tanya soal cita-cita dia akan lantang menjawab akan menjadi perwira TNI / jendral. Sedangkan si sulung justru masih galau ingin menjadi apa kelak. Beberapa waktu lalu ingin jadi psikolog, tapi sekarang berubah dan mulai menimbang antara cita-cita dan kuliah di mana. Sebagai seorang ibu kita harus mengindentifikasi potensi anak, di kenal dengan adanya 8 tipe kecerdasan majemuk. Yaitu : Kecerdasan bahasa, logika, musikal, spesial, kinestetik/jasmani, naturalis, interpersonal dan intrapersonal. Anak-anak perlu kita bimbing untuk mengenali dan memahami  diri sendiri, kecerdasan intrapersonal ini yang akan membantunya menghadapi situasi dan mengendalikan diri. Menemukan potensi anak, menurut Mba Ajeng gak kudu ikut test-test apalah-apalah yang katanya bisa diliat dari jari dan lain-lain. Tapi dengan terus mendampingi, memberikan dukungan dan stimulasi.


Lalu ketika kita sudah mengenali potensi anak, mulailah seorang ibu melakukan perencanaan, salah satunya memilih pendidikan yang tepat untuk anak. Ibu Drh.Damayanti jusuf,M.Sc,Ph.D sebagai praktisi di bidang pendidikan menjelaskan dari sisi pendidikan. Bagaimana kita harus jeli dalam memilih sekolah. Karena tidak selalu sekolah yang baik untuk anak orang lain, tepat juga untuk anak kita. Selektif memilih sekolah, karena pendidikan yang tepat akan memaksimalkan potensi yang dimiliki anak kita.

Sedangkan Dr.Bernie Endyarni Medise,SpAK,MPH menyampaikan tentang pentingnya menjadi ibu yang perduli pada kesehatan buah hati. Memahami tumbuh kembang anak-anak kita, memenuhi semua kebutuhan nutrisinya dan memberikan stimulus yang tepat. Ketika seorang ibu memberikan nutrisi yang baik, maka berdampak positif pada perkembangan otak, daya tahan tubuh dan kecerdasannya. Sudah pasti memaksimalkan potensi si anak. Saya berharap, di periode penting masa pertumbuhan anak-anak saya, 0-3 tahun saya sudah memberikan pondasi nutrisi yang baik dan sekarng ketika mereka sudah besar terus memberikan semua kebutuhan nutrisi yang di butuhkan sesuai dengan usianya.

Para narasumber dan MC talkshow One Step Ahead Mom

Nah pembahasan yang terakhir yang tidak kalah penting oleh Mba Ligwina Hananto, perencana keuangan atau financial planner. Pembahasan soal keuangan ini yang mulai terasa banget sebagai ibu yang katanya manager keuangan di rumah. Berasa banget karena baru masukin Sean ke sekolah SMP swasta islam yang rada-rada bangettt narik ATMnya yaaa :))). Memastikan anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang terbaik merupakan tugas dan kewajiban kita sebagai orang tua. Nah sebagai One Step Ahead Mom,...kita harus merencanakan dengan cermat sejak dini supaya kendala keuangan tidak menghalangi langkah anak-anak kita dalam meraih impian dan masa depannya. Caranya ?? menurut mba Ligwina cuma ada dua cara, nabung dan investasi. Kemarin Mba ligwina bikin rencana biaya pendidikan tuh, ngitungnya jangan nilai uang sekarang Mom tapi kelak ketika anak-anak kita akan kuliah misalnya. Kebayangkan kalo satu anak kalkulasi biaya pendidikannya kelak 400 juta, nah berapa kalau anaknya 3 ?? xixixiixi... pusiing ya. Rejeki ada yang ngatur memang tapi kita tetap harus berikhtiar mempersiapkannya. Trus udah nabung dan investasi belum ( saham, reksadana, properti, emas, dll )  ?? saya udah donks, setidaknya sudah punya tabungan pendidikan, emas dan reksadanalah yaaa :) *toh gak di cek nominalnya kan ya :)))

Kemarin hadir juga ibu dan anak hebat chef cilik Revo ( junior master chef ), Astrid Suryatenggara. Lihat profilenya Revo kagum deh, anak yang masih berusia 13 tahun tapi jago banget masak. Bahkan sudah berprestasi di bidang masak memasak ini. Isshhh kerenn, tentu saja karena pendampingan ibunya yang seorang One Step Ahead Mom :)

Menjadi ibu di saat ini memang memiliki banyak tantangan, itu sebabnya terus belajar dan menggali informasi sebanyak mungkin untuk menjadi ibu terbaik bagi anak-anak kita. Salah satunya dengan mengikuti talkshow seperti ini, informatif banget... saya jadi tahu harus gimana sih untuk menjadi One Step Ahead Mom.

Thank youu Nutrilon Royal dan Bursa Efek Jakarta :)

22 comments:

  1. Mau dateng kesini jg mba, tapi abis lahiran banget :))
    Penasaran dgr mba Ligwina talkshow langsung..penting yaa investasi buat pendidikan anak, noted

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu denger pemaparannya mba Ligwina ^_^

      Delete
  2. asyiiik aku dapet oleh-oleh talkshownya, nuhun

    ReplyDelete
  3. jadi ibu memang harus lebih aktif dari anak, jaman sekarang beda banget sama jaman dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget... jaman skg g bisa jd ibu yg cuma masak doang ya :))

      Delete
  4. ikut banyak talkshow parenting itu menyenangkan ya mbak,banyak ilmu baru..makasih sharingnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar trus jdnya y mba... sama2 trima ksh kembali :)

      Delete
  5. Lagi musim reksa dana nih, sepertinya cocok juga untuk invest masa depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udh ikutan bbrp waktu lalu, yuk daftar mba :)

      Delete
  6. Beruntung kmren akubdtg jg ke acara ini, banyak ilmu yg didapat buat bekal jd one step ahead mum ya

    ReplyDelete
  7. kok saya malah jadi inget waktu duo tazkia dan sean masih ketjil bingits ya mbak :))

    ReplyDelete
  8. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  9. Astrid Suryatenggara13 May 2016 at 16:20

    Thank you artikel nya! Happy to e-meet you ...

    ReplyDelete
  10. Ulasan yang sangat menarik, Mak. Pengen nerapin ini ke anak angkatku. Mencoba mengenali potensi kecerdasannya sehingga bisa terarah dg baik. TFS, Mak!

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)