08/06/2016

Resep Masakan Khas Papua Yang Wajib Dicoba

Akhirnya bulan Ramadan tiba, selamat menjalankan ibadah puasa untuk semua teman-teman muslim :). Sebagai ibu rumah tangga, bulan puasa bukan hanya mendampingi anak-anak dan suami tapi juga menyiapkan semua kebutuhan berbuka dan sahur. Jadi ajang masak memasak juga biasanya kalau bulan ramadan, ibu-ibu yang kadang suka males ke dapur seperti saya biasanya akan lebih bersemangat meluangkan waktunya untuk memasak. Googling resep dan menu yang spesial untuk di praktekan di rumah. Gegara googling resep masakan tradisional malah nyasar ke masakan khas papua dan penasaran deh jadinya. Ini 
hasil intip mengintip saya siang tadi, besok praktek. Tulis aja dulu praktek kemudian #Lol ( resepnya di jamin enak hohoho ) 

Papua merupakan pulau paling timur yang berada di Indonesia. Pulau yang menyimpan beragam kekayaan dan keindahan alam ini juga memiliki resep masakan tradisional yang hanya ada di Papua. Beberapa orang menganggap jika makanan khas dari pulau paling timur Indonesia ini, memiliki makanan yang ekstrim, akan tetapi ada makanan khas Irian Jaya yang tentunya nikmat dan dapat kita coba.


 Papeda ( image by google )

Pertama adalah Papeda. Makanan ini bikin saya penasaran, pernah lihat tampilannya yang unik di Instagram dan pengen nyoba. Makanan ini merupakan makanan khas Papua yang paling terkenal. Menggunakan bahan dasar tepung sagu, makanan ini dapat kita coba sendiri di rumah. Bahan yang perlu disiapkan juga mudah, bahannya adalah 100 gr tepung sagu, 1000 cc air, ½ sdt garam, ½ sdt gula. Mudahkan ? ;)

Cara membuatnya yaitu:
Gunakan panci untuk mencairkan tepung sagu dengan 300 cc air.
Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
Di panci terpisah, didihkan 700 cc air yang tersisa.
Tuangkan air mendidih tersebut ke panci larutan sagu. Aduk hingga matang dan berubah warna menjadi putih bening. Jadi deh, tinggal kita siapkan menu pendamping lainnya untuk di makan bersama papeda ini.

Nah ini yang bakal bikin ngiler lagi, Ikan bakar colo dabu-dabu merupakan resep masakan tradisional khas Papua yang dapat kita coba selanjutnya. Aslinya, masakan ini menggunakan ikan kue atau ikan baronang yang dapat ditemukan di wilayah Papua ( eh ada juga kok di pasar komplek ). Kalau gak ada kita dapat menggantinya dengan menggunakan jenis ikan kerapu, kembung atau yang lainnya. Bahan yang diperlukan selain 1 ekor ikan adalah:

Selamat tergoda dengan ikan bakar sambal dabu-dabu *_*  ( image by google )

1 ½ sdt perasan air jeruk nipis,
1 sdt air jahe,
1 sdm minyak goreng.
1 sdt garam ( bumbu-bumbu ini untuk di lumuri ke ikannya )

Jika biasanya bumbu yang dipergunakan untuk menyantap ikan adalah bumbu matang atau bumbu uleg, namun resep masakan ini menggunakan sambal dabu-dabu. Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal dabu-dabu yaitu:

10 buah cabai rawit hijau atau merah, cuci dan iris tipis,
3 buah tomat hijau, potong dadu kecil,
4 buah bawang merah, iris,
1 sdt garam,
½ gula pasir,
1 sdm perasan jeruk nipis,
20 helai daun kemangi, cuci dan iris kasar,
1 ½ sdm minyak goreng.
Cara untuk membuat ikan bakar colo dabu-dabu sesuai dengan resep masakan tradisional khas Papua yaitu:

- Bersihkan ikan dan buang insang serta isi perutnya lalu buat keratan dalam pada kedua sisi ikan tersebut hingga ke tulang.
- Beri garam, air jahe dan air jeruk nipis agar tidak bau.
- Simpan ke lemari pendingin kurang lebih 15 menit.
- Selagi menunggu ikan, siapkan dan panaskan panggangan terlebih dahulu.

Untuk membuat sambal dabu-dabu, campurkan semua bahan untuk dabu-dabu di dalam mangkuk. Simpan di lemari pendingin.
Siapkan ikan yang hendak dibakar dan telah diolesi dengan menggunakan minyak goreng hingga tidak menetes minyaknya.
Bolak-balik hingga kedua sisi matang secara merata dan sesekali olesi minyak.
Siapkan dan taburi dengan sambal dabu-dabu. Sajikan selagi hangat dan makan bersama papeda, ishhh pasti enyakkk. 

Nah, udah kebayangkan enaknya ikan bakar dengan sambal dabu-dabunya yang pedesss dan papeda masakan tradisional papua yang unik. Fotonya hasil ngintip di google, nanti kalau saya sudah praktek saya share deh ya ;). Teman-teman blogger masak apa hari ini ? resep masakan khas tradisional ini boleh di coba loh, di jamin sehat dan enak ;)

26 comments:

  1. aku penasran sama papeda mak

    ReplyDelete
  2. aku pengen nyobain aslinya dulu mbak ir, baru deh praktek2 kalau doyan haha

    ReplyDelete
  3. ahhh Papeda niy aku pernah bikiin enyaak bangeet
    cucok buat ku yang giginya abis, tinggal teleen xixiix

    ReplyDelete
  4. Coba bikin mba irma, nanti kasi tau rasanya kayak apa. aku juga pengen tau rasanya papeda hihii

    ReplyDelete
  5. dari dulu denger dan lihat papeda cuma dari acara tv yang jelajah nusantara ke Indonesia Timur. Dan baru kali ini dapat resep komplitnya, makasih, Mbak untuk share ini :)

    ReplyDelete
  6. Udh lama penasaran ama papeda. Msh blm kebayang aja rasanya gmn , secara teksturnya kayak lem gitu :D.

    ReplyDelete
  7. wew... jadi lapar euy.. enak kayaknya..hehe

    ReplyDelete
  8. Mba kalau papeda cocoknya sama apa makannya?penasaran bgt pgn nyobain hehehe

    ReplyDelete
  9. Papedanya beda dgn yg dijual di sekolah anakku hehe..

    ReplyDelete
  10. aku udah pernah coba papeda asli yang buat orang papua nya, enak kenyel-kenyel berbumbu gitu sampe nambah aku makannya hihi

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  11. Belum pernah makan Papeda dan penasaran ama rasanya Mak, lihat yang lengket2 gitu geli juga. Hehehe.

    ReplyDelete
  12. Gampang bikinnya, gampang juga makannya. Ga pake sendok. Tinggal diseluruuuup aja, ga pake dikunyah langsung masuk ke tenggorokan. Tapi ya gitu,ambil napas panjang karena papedanya ga ada ujungnya.

    ReplyDelete
  13. Wah pasti mantep banget buat buka puasa ya mbak :D

    ReplyDelete
  14. aku kok geli ya mba bayangin papedanya >,< gimanaaa gitu hihih tapi penasaran pengen nyobain :D

    ReplyDelete
  15. Sepertinya sangat enak. saya boleh simpan resepnya kan?

    ReplyDelete
  16. Ada Resep pembuatan Es buha di Blog saya teh. Semoga bisa blogwalking, Salam Blogger.

    ReplyDelete
  17. Sy coba ya mba irma resepnya, siapa tau bisa sy jual di warung makan saya hehehe..

    ReplyDelete
  18. wow cabenya .... cobain..
    eh selamat menjalankan ibadah puasa dulu.. semoga kuat hingga akhir dan berkah tentunya.

    ReplyDelete
  19. aku udah nyobain nih mba Irma, rasanya lucu-lucu enak, hihihi...

    ReplyDelete
  20. Agak2 gimana gitu kalo makan papeda, enak nya pake kuah kuning + potongan cabe rawit

    ReplyDelete
  21. Boleh juga ini buat buka puasa nanti. :D

    ReplyDelete
  22. papeda makanan favoriit akuuuh banget.
    Sampe di Jakarta pun suka makannya di kedai bintuni tebet hehehe.

    ReplyDelete
  23. eh, kayaknya enak ya..
    disimpan dulu resepnya, kapan lg dpt info beda dr biasanya gini :D

    ReplyDelete
  24. Makanan ini paling cocok kalo lagi kebelet laper. Bikinnya cepet, gak ribet.

    ReplyDelete
  25. harus catet nih, biar kapan2 bisa buat dan nyobain, apalagi buatnya ngga pake ribet

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)