05/12/2016

Resep Masakan Sayur Lodeh Sambal Terasi

Assallamuallaikum,...

Sudah awal minggu lagi di bulan terakhir tahun 2016, waww... waktu cepat sekali berlalu yaa. Sebentar lagi sudah penghujung tahun, dan beralih ke tahun yang baru.

Hari senin saya sudah beraktifitas seperti biasa lagi, menyelesaikan semua PR setelah anak-anak berangkat kesekolah. Weekend kemarin saya dan keluarga tidak kemana-mana, fokus persiapan anak-anak menghadapi UAS saja. Etapi saya masih sempat masuk dapur loh alias masak. Di weekday masuk dapur juga tapi masak yang praktis saja, nah weekend kemarin masak yang praktis dan mudah juga sih hohoo ( trus apa bedanya -_____- ) #LOL. Tapi menu di weekend biasanya yang agak sedep-sedep... di makan sambil ngumpul keluarga, makannya biasanya nambah :)))

Yup, kemarin saya masak sayur lodeh dan sambal terasi  ( trus lupa gak sempat di foto masakannya kemarin ) *gagal jadi food blogger* Tapi gak papa, saya share ya resep masakan yang bikin saya makannya banyak apalagi kalau di tambahin ikan asin. Suedaaappp.

Indonesia tidak hanya kaya akan pulau dan budaya namun juga kaya akan masakan khasnya. Salah satu masakan khas dari Indonesia adalah sayur lodeh ini yang merupakan sejenis masakan yang menggunakan sayur sebagai bahan utamanya. Sayur lodeh memiliki berbagai jenis variasi karena masing-masing daerah terutama Jawa, memiliki versi dari resep masakan tersebut misalnya ada yang menggunakan santan yang berwarna putih ataupun merah.

Picture nya minjem buku masakan blog ya

Untuk membuat sayur lodeh khas Jawa, terdapat bumbu halus atau dapat di iris tipis sesuai dengan selera kita ya. Tingkat kepedasan sendiri dapat disesuaikan dengan keinginan. Karena saya yang masak ya selera saya, berarti... pedaaasssss. Bumbu-bumbunya yaitu:

  • 4 siung bawang merah.
  • 3 buah bawang putih.
  • 8 buah cabai rawit merah.
  • 4 buah cabai rawit keriting.
  • 3 buah cabai hijau, iris serong.

Beberapa bahan berikut bisa ditambahkan dengan bahan yang lain seperti tahu atau tempe. Kalau saya biasanya pakai tempe dan bisa juga dikurangi misalnya tidak menggunakan labu siam. Bahan yang diperlukan untuk resep masakan sayur lodeh khas Jawa yaitu:

  • 1 buah jagung manis, potong.
  • Tempe atau tahu
  • 4 buah jagung muda, iris tipis.
  • 10 buah kacang panjang, potong sekitar 4 cm.
  • 1 buah labu siam, potong.
  • 1 genggam melinjo dan daunnya.
  • 1 buah wortel, iris tipis.
  • 1 buah terong, potong kotak.
  • 1 nangka muda, potong kotak.
  • 1 sdm ebi.
  • ½ sdt terasi.
  • Tempe, potong kotak.
  • Garam.
  • 3 lembar daun salam.
  • Penyedap rasa.
  • Gula.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 200 ml santan.

Cara membuat sayur lodeh :

  1. Didihkan air dan masukkan bumbu kecuali sayuran, gula dan garam.
  2. Jika bumbu sudah harum, rebus wortel serta jagung hingga setengah matang.
  3. Masukkan labu siam, jagung muda, kacang panjang, nangka muda, melinjo, terong. Biarkan hingga matang.
  4. Jangan lupa untuk menambahkan tempe. Aduk merata.
  5. Kecilkan kompor dan masukkan santan sambil diaduk sehingga santan tidak pecah
  6. Tambahkan gula dan garam lalu cicipi.
  7. Masak hingga mendidih dan tambahkan daun melinjo.
  8. Jika sudah selesai matikan dan siap dihidangkan.

Supaya sayur lodehnya lebih enak, saya sih wajib bikin sambal terasi sebagai pendamping. Tingkat kepedasan dari sambal, tergantung dengan selera, kalau saya cabai rawit merah supaya pedas xixixii. Cara untuk membuat sambal terasi sebenarnya gampang banget, ini bahan-bahannya ya maks : 

Credit by Google

  • 2 sdt terasi matang atau boleh di bakar atau mengukusnya terlebih dahulu agar bau terasi keluar dan sambal menjadi lebih enak.
  • 20 buah cabai rawit merah dan 5 buah cabai merah besar. Banyaknya cabai tergantung dengan selera, kalau gak suka pedes ya bisa dikurangi. Bebasss...
  • 4 siung bawang putih.
  • Garam.
  • 1 sdm gula merah.
  • Minyak.

Cara untuk membuat sambal terasi untuk melengkapi resep masakan sayur lodeh sambal terasi yang enak dan nikmat apalagi jika dikonsumsi di siang hari, yaitu:

  1. Siapkan cobek atau ulegan untuk menghaluskan sambalnya nanti.
  2. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak kemudian masukkan cabai rawit dan besar serta bawang putih. Goreng hingga agak layu.
  3. Haluskan semua bahan yang telah digoreng sebelumnya.
  4. Tambahkan terasi serta gula merah. Uleg hingga halus.
  5. Jangan lupa untuk menambahkan garam.
  6. Jika sudah halus, dapat disajikan langsung di atas cobeknya dan untuk mendampingi sayur lodeh. Agar lebih nikmat, teman-teman dapat menambahkan tempe goreng ataupun kerupuk atau ikan asin dan lalapan. Dijamin, makan siang kita lebih nikmat apalagi kalau di nikmati bersama keluarga :)       

11 comments:

  1. Hari ini aku mau masak sayur lodeh tapi pakai bumbu jadi 😂

    ReplyDelete
  2. Seger ya.. emang kurang kalau gak pakai sambal terasi.. makin lahapp! ^^

    ReplyDelete
  3. baca ini jadi inspirasi buat nanti makan siang pengen pke nasi + sayur lodeh + ikan kembung goreng + sambel

    ReplyDelete
  4. wah menggiurkan bgt mba sayur lodeh dan sambalnya

    ReplyDelete
  5. This one is really delicious I guess. Thank you so much for sharing the recipe. I am gonna try this today itself. keep sharing :)

    Assignment writing service reviews

    ReplyDelete
  6. ini nih sayur yang mesti ada di acara kalau lagi hajatan.. fenomenal banget ya

    ReplyDelete
  7. Apalagi kalau ditambah ikan asin. Makin banyak saya makannya :D

    ReplyDelete
  8. Wih.. kuliner.. serasa ingin makan terus... mantap. hh
    Pantas dicoba. Cara Cepat & Mudah Mengubah File PDF Ke Microsoft Word Gratis. http://alimpolos.blogspot.co.id/2016/11/cara-cepat-mudah-mengubah-file-pdf-ke.html

    ReplyDelete
  9. Eiiits baca ini jadi pengen sayur lodeh & sambeeel hahahha... Mana belum makan.. sllrrpppp

    ReplyDelete
  10. Teringat waktu dikampung halaman. Begini lah mak nasib perantau. Tiap hari makan mie instan. :(

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)