26/02/2016

Asma pada anak


 Image From Google

Lega, meski belum pulih banget kaka mau pun Sean flunya sudah membaik. Khusus untuk kaka, saya lega luar biasa *_*

Sejak kaka di diagnosa kena asma, setiap dia flu pasti asmanya juga kumat. Flunya bisa lebih lama dari kebanyakan orang, dan melihat putri kesayangan sesak nafas jelas bukan sesuatu yang mudah untuk saya . Sejak di diagnosa asma aktifitasnya sedikit kami batasi. Nggak boleh terlalu cape, sebisa mungkin  menghindari pencetusnya karena asmanya selain faktor genetik ( kakek dari ayahnya ) juga faktor alergi, sensitif dengan debu, sensitif dengan udara-udara yang ekstrem. Terlalu dingin dia bisa sesak, terlalu pengap dan panas juga bisa memicu sesak nafasnya. Menghirup asap rokok, atau bau-bauan yang menyengat seperti penyemprot nyamuk bisa membuat dia sesak juga. Saya dan suami juga berusaha menjaga moodnya, stress atau tertekan di duga bisa menjadi pencetus asma kumat.

25/02/2016

Bye bye bau keringat dan kuman dengan Lifebuoy Clini-shield10


Bermain pasir saat liburan
Aktifitas menjemput kedua buah hati kadang jadi butuh perjuangan, seharian beraktifitas kadang membuat mood kaka dan sean gampang merengut. Telat sedikit aja ngambek, masuk mobil udah kucel dan merengut karena cape. Belum lagi badan mereka yang sudah bau acem karena keringat setelah beraktifitas seharian. Kalau sudah begini senyum ceria mereka hilang huhuhu.

Problem anak remaja yang sedang tumbuh dan aktif-aktifnya, dengan jadwal sekolah dan kegiatan yang nyaris full seharian itu adalah ? yup,... bau keringat, bau matahari, seharian beraktifitas membuat badan mereka berkeringat dan mengeluarkan bau acem. Kuman yang menempel di badan mereka, bercampur keringat dan debu. Kuman hari gini udah lebih canggih berevolusi dengan lebih cepat, dan menjadi penyakit. Duh jangan sampai deh ya.

Trus karena problem itu bukan berarti kegiatan mereka harus kita batasi donk ? saya sih pilih nyari solusi gimana caranya supaya mereka tetap aktif beraktifitas, tanpa khawatir dengan serangan kuman dan penyakit.

22/02/2016

Lima Puluh Cara Untuk Mencintai Pasanganmu

Lima puluh cara untuk mencintai pasanganmu
Image from Google

Mumpung masih bulan Februari yang katanya bulan kasih sayang, padahal kasih sayang harus di rayakan setiap hari donk yaa. Kan gak perlu perayaan cukup ungkapkan cinta dan sayang pada orang-orang terkasih itu sudah wujud dari kasih sayang. Tapi gak papa biar kekinian :))

Ngomongin cinta gak akan ada habisnya, saya pusing juga kalau harus nulis hal-hal berbau cinta sekarang ini. Malu sama si Kaka yang udah melotot ajah kalau bundanya udah kecentilan ngebahas cinta. Tapi berhubung pusing mau nulis apa dan tetep kudu update blog demi kepuasan diri hahaha... #modus. Saya mau share aja nih yang saya kutip dari buku Chiken Soup For the Couple's soul ;). Lima puluh cara untuk mencintai pasanganmu, sok buat yang butuh ide gimana mengungkapkan cinta pada orang-orang terkasih di intiplah ya ;)

20/02/2016

Gampang pilek ? bisa jadi karena imun sedang menurun




" Tuhkan ketularan pilek jadinya,... "

* Saya sibuk mengelap hidung dengan tissu, berkali-kali batuk, bersin, suara serak, mata sembab, muka pucat dan kuyu, ogah senyum maunya manyun* :)))

Komentar sahabat saya ketika tahu saya akhirnya tumbang juga karena flu, beberapa hari sebelumnya saat teman saya sedang flu kami bertemu dan lunch bareng dia sempat mencemaskan saya karena khawatir saya tertular. Saat itu saya jawab, saya kuat nggak mungkin tertular oleh flu... dan nyatanya, saya flu :))). Tapi sebenarnya saya kena flu bukan karena sahabat saya loh, bisa jadi karena imun tubuh saya memang sedang rendah belakangan ini. Ditambah cuaca pancaroba yang sedang nggak bagus untuk tubuh.

Kekebalan tubuh yang sedang menurun membuat kita mudah sakit. Ada beberapa tanda yang mengindikasikan imun kita sedang tidak bagus. Cek yuk...kalau kita mengalami beberapa hal di bawah ini.

16/02/2016

Salad dan manfaatnya untuk tubuh


 Lunch with friends, Secret recipe summarecon mall

Salah satu makanan favorite saya adalah salad. Apapun jenisnya, jika itu berlabel salad maka saya suka. Salad sayur, salad buah, salad campuran keduanya dan aneka macam salad lainnya. Cintaaaa bangett sama jenis makanan ini.

Sejak kapan suka salad ? sepertinya berawal doyan aneka lalapan. Urang sunda rata-ratakan memang doyan lalapan ya, aneka sayuran mentah yang di makan dengan sambal. Ketika berperang melawan kanker usus besar, salad menjadi makanan saya setiap hari. Saya sudah 80 % vegetariant saat itu, semua yang dokter bilang bagus untuk saya konsumsi ya saya makan. Aneka juice, aneka salad sayur dan buah, aneka raw food. Menjadi pasien kanker usus besar memang mengharuskan saya jatuh cinta dengan segala macam serat yang sehat dan berlanjut hingga saat ini.

Siang tadi menu makan siang saya pun salad, janjian dengan dua orang sahabat saya di Secret Recipe Summarecon mall. Sempat ngiler dengan chocolate cake, nyaris memesan camilan ini karena butuh efek happy yang katanya ada pada makanan coklat hhohoo #sedangPMS #sedanggundahentahkenapa. Tapi, ketika melihat ada menu Caesar salad di buku menu. Coklat cake dan pasta melayang terbang berganti dengan salad sayur yang menggoda ;)

12/02/2016

Tumis Tauge Jambal Roti

tumis tauge jambal roti

Liburan ke Carita minggu lalu ceritanya beli ikan asin jambal roti, selain buat oleh-oleh, Hubby dan anak-anak juga suka aneka makanan dengan tambahan ikan asin. Nasi goreng ikan teri, balado jambal roti, atau cuma sekedar di goreng dan makan dengan sambal dan lalapan plus tempe dan tahu. Ikan asin bisa menambah selera makan, tapi tetap ya mak... pilih ikan asin dengan kualitas yang baik dan segar. Nah di pantai Carita Anyer banyak di jual ikan asin dengan kualitas bagus. Ikan asinnya segar makanya saya tergoda beli, dan rasanya enak gurih. Isshhh di jamin makan jadi lahap #umpetintimbangan.

Salah satu favorite kami di rumah adalah tumis tauge jambal roti, di jamin makan jadi nambah deh :))). Resepnya gampang, cepat dan simple banget masaknya.

11/02/2016

Curhat Emak Tentang Anak Remaja-nya


curhat emak tentang anak remajanya
 Kaka Taz bersama kedua temannya :)

Gimana rasanya punya anak SMA, remaja,... usia 15 tahun. Yang udah gak bisa di galakin apalagi di marahin ? Maka,...berusahalah untuk berbahagia ya para ibu yang punya remaja nanggung begini. Bahagiakan hatimu maks , sehatkan tubuhmu supaya punya stock sabar yang luar biasa menghadapi mereka hahahaa *ngumpulin stock sabar*

LOOHHH,... emang kenapa si Kaka ? main trus ? bandel... susah di bilangin ?? NGGAKKKK.... putri sulungku bahkan bisa di bilang hampir gak pernah main keluar rumah dan lupa waktu. Pulang berangkat sekolah saya anter jemput, nyaris gak banyak permintaan meski sekalinya minta bikin ibu atau ayahnya merogoh dalem-dalem dan tersenyum miris. Bukan tipikal remaja yang suka main keluyuran dan sudah sangat mengerti kewajibannya untuk belajar. Gak ada drama soal nyuruh dia belajar dan lain-lain deh.

10/02/2016

Lakukan Kebiasaan Baik Ini Sebelum Tidur

lakukan kebiasaan baik sebelum tidur
 Sebelum tidur, sempatkan ke kamar anak untuk 
memberi ciuman selamat tidur :)

Bangun di pagi hari, tapi badan justru berasa capee dan penat. Padahal baru saja istirahat sepanjang malam ? pernah ngerasain gitu nggak ?.... Belakangan saya sering merasa seperti itu, bagun tidur justru badan malah gak fresh, cape dan seringkali membuat mood berantakan. Alhasil di awali suasana pagi yang nggak nyaman, ya sepanjang hari kita akan merasa nggak enak. Kalau ibunya aja gak happy, apalagi keluarga di rumah ya.

Akhirnya saya koreksi apa yang salah kira-kira ya, kenapa bangun tidur justru berasa lelah dan gak bugar. Ternyata banyak kebiasaan salah yang saya lakukan jelang tidur, salah satunya sampai tertelap terus memandang layar handphone atau duduk bersandar di tepi tempat tidur memangku laptop. Mata lelah, posisi duduk juga kadang gak benar lalu tertidur dalam kondisi gak nyaman, bangun tidur ya jangan harap badan kita fresh ;). Ibunya udah uring-uringan sejak pagi, bangunin anak-anak & suami lalu menyiapkan keperluan mereka pun dengan setengah hati. Suasana jadi nggak enak kan, pagi-pagi udah pada manyun deh.

Lakukan beberapa kebiasaan baik ini setiap jelang tidur malam, pasti pagi hari menjadi lebih bugar. Kalau pagi di awali dengan kondisi tubuh yang fresh, di jamin deh sepanjang hari semangat dan happy :)

08/02/2016

SENJA




" Irma senja ? masih saudaraan sama penulis Bunda Pipit senjakah mba ? "

Beberapa kali saya mendapat pertanyaan seperti kalimat di atas, heuheu... nggak ada hubungannya sama sekali sebenarnya dengan penulis novel bunda Pipit senja kok. Saya menambahkan nama senja karena Senja adalah nama putri saya, Tazkia Senja. Jadi Irma Senja itu adalah Irma bundanya Tazkia Senja... gitu deh maksudnya :D

Dan menambahkan nama senja di belakang nama putri saya pun tentu bukan tanpa alasan. Saya suka suasana senja, menurut saya senja ... fenomena langit ketika matahari turun ke peraduannya adalah saat - saat yang magis, misterius sekaligus indah. Misterius karena menuju malam, ketika matahari terbenam dicakrawala dan tirai langit malam mulai turun... menutup hari, mengingatkan semua orang tentang hari siang yang tlah usai. Seolah mengingatkan pada kata pulang... tentang sebuah jeda, ketika adzan berkumandang pada surau atau masjid, senja menuntun siapapun untuk sejenak menepikan segala. Menepikan hati pada yang maha tinggi. Tapikan sekarang senja justru kadang menjadi awal menuju malam yang penuh cahaya ?? benar,... tapi senja dalam ingatanku di masa lalu adalah senja yang menjadi penutup hari. Senja yang mengingatkan pada waktu, bahwa semua hal ada batasnya...

04/02/2016

Episode Pencarian Sekolah Sean Di Mulai

Baru beberapa bulan yang lalu galau karena urusan sekolah Kaka Tazkia, sekarang kaka udah belajar dengan tenang di SMA giliran adiknya, Sean yang sedang persiapan mau UN dan melanjutkan ke SMP. Galau lagi ?? hemmm... nggak terlalu sih, untuk urusan sekolah Sean, saya dan Hubby cuma punya dua pilihan sekolah. Keduanya sekolah swasta islam jadi nggak ikut persaingan online memperebutkan posisi untuk masuk sekolah negri kali ini.

Pilihan pertama, salah satu sekolah islam yang jaraknya sekitar kurang lebih 10 km dari rumah. Setelah survey ke sekolahnya dan tanya ke beberapa teman yang anaknya bersekolah di sana, sepertinya disiplinnya baik, fasilitasnya lengkap. Lokasinya juga bagus. Agak galau untuk urusan anter jemput, karena berbeda arah dengan sekolah kaka Tazkia.

Pilihan kedua, SMP swasta islam bekas sekolah kaka Tazkia dulu. Lokasinya searah dengan sekolah SMA kaka saat ini. Jadi pertimbangan karena kita gak kecewa menyekolahkan kaka di sana. Disiplin, pendidikan agama dan komunikasi guru ke orang tua, juga guru ke muridnya baik. Kaka nyaman sekolah di sana. Point plusnya, jika Sean sekolah di SMP ini akan memudahkan saya untuk urusan anter jemput.

02/02/2016

Jangan Cintai Aku Apa Adanya, Aku Tidak Mencintaimu Apa Adanya

Credit

Dear Love,...
Maaf…, aku tidak mencintaimu apa adanya. Aku mencintaimu hingga aku ingin semua hal yang terbaik kamu raih dan kamu dapatkan. Aku ingin kamu tampil baik, karena aku ingin semua menghargai keberadaanmu dengan baik. Aku ingin kamu sehat, karena menjadi sehat adalah cara terbaik mensyukuri kehidupan. Aku ingin melihatmu meraih impianmu, karena setiap orang memiliki impian-impiannya tersendiri.

Aku ingin mendorongmu mengejar mimpimu, karena mencintaimu tidak cukup duduk menunggu kamu meraih segalanya. Aku ingin menjadi suporter terhebatmu, yang kamu libatkan dalam pencarianmu mengejar impian, meski hanya menjadi sandaran dan teman diskusi ketika kamu lelah melarung hari, yang menguatkanmu ketika kamu jatuh. Dan memberimu senyuman termanis ketika kamu meraih semua yang kamu inginkan. Dan memberimu pelukan ketika kamu butuh di kuatkan.

01/02/2016

Beli Smartphone ZTE A711 di Lazada



Saya sudah cerita belum ya tentang drama handphone kesayangan ? dari yang jatuh terkapar sampai jatuh lalu terinjak pula. Sudahlah jadi agak tulalit, bodynya pun gugus di sana sinih. Malang sekali memang nasib smartphone saya ini. Tapi namanya kecelakaan, namanya nggak sengaja masa iya mau komplain, yang nginjaknya sahabat saya pulak hahaha. Komplain dikit sih trus pengen beli lagi maksudnya pengen di beliin lagi, tapi ya yang beliinnya bukan sahabat sayalah :)))

Namanya mau beli handphone beda sama beli cabe kan ? jadi sebelum minta di beliin alias di bayarin, saya udah mulai searching dan googling handphone seperti apa yang saya mau. Ngomongin mau sih, ada dan banyakkkk hahhaa... tapi kali ini saya sengaja minta hanpdhone yang harganya standar aja lah, menengah tapi kualitas oke dan tampilannya kece. Mengingat kita lagi nabung untuk keinginan yang lebih besar, jadi istrinya kudu tahu diri :p