02/02/2017

Tips Merawat Perabotan Berbahan Teflon

Enak banget ya punya asisten rumah tangga di rumah, jadi gak usah cape ngerjain kerjaan rumah tangga ?? SIAPA BILANG ??? tahu sendiri donk Mak kalau ART memiliki keunikannya masing-masing, bukan hanya bikin kita tersenyum senang, tapi seringkali malah bikin kita jadi drama dan ngelus dada. 

Si Mpok ART di rumah ini sering banget membuat saya ngelus dada dengan urusan dapur dan perabotan. Ada yang bilang, biasanya kalau tidak merasa beli tanggung jawab terhadap barang menjadi seenaknya. Piring atau gelas yang pinggirannya pecahlah atau panci pada penyot. Pakaian yang kelunturan, kabel setrikaan yang melinting lalu akhirnya putus, jumlah piring atau gelas lama-lama berkurang, perabotan plastik meleot karena siwer kena panas sampai kuali atau panci teflon yang gugus dan akhirnya tidak bisa di pakai lagi.

Abaikan semur daging dingin di atas teflon lama,
fokus ke teflon baru VKB dari Alfamart aja ya :))

Dan salah satu yang paling membuat saya sering kesal adalah ketika saya harus berulang kali mengganti panci atau kuali berbahan teflon. Padahal belum lama beli, padahal masih bagus hanya karena lapisan teflonnya sudah rusak akhirnya terpaksa harus di buang. Sudah berulang kali di kasih tahu bahwa mencuci perabotan berbahan teflon itu tidak bisa sembarangan, tapi sepertinya si Mpok mudah lupa. Setelah di tegur dia akan berubah, tapi lama-lama lupa lagi di cuci dan di gosok dengan spons berbahan kawat lagi, masaknya pake spatula berbahan stainless lagi ... ya rusak lagi lapisan teflonnya. Kuali atau pancinya mungkin masih bisa di pakai tapikan fungsinya sudah hilang dan tidak baik untuk kesehatan karena lapisan teflonnya sudah mengelupas, siapa tahu serpihannya masuk ke makanan yang kita olah dan kita konsumsi.

 Gini nih kira-kira tampilan teflon korban si Mpok huhuhu, gambar nyomot di google
Teflon rusak yang di rumah sudah dibuang

Ngomongin soal panci dan kuali berbahan teflon, beberapa hari lalu saya ke AlfaMart di komplek perumahan di mana saya tinggal. Kabar gembira nih untuk ibuk-ibuk... ada kejutan awal tahun ( KAT ) 2017 di Alfamart. Dengan berbelanja minimal 30 ribu di alfamart akan mendapatkan 1 stamp, dan akan mendapatkan ekstra stamp jika belanjaan kita terdapat produk sponsor seperti susu DANCOW, Coca cola, keju cheddar, dan lain-lain. Hadiahnya ??? bagusss,.... dengan mengumpulkan stamp-stamp tadi kita bisa menebus Royal Cookware  VKB senilai 300.000 an hanya dengan menukarnya dengan 10 stamp. Bayangin Maks, hemat sampai 85 %. Periode lomba 16 Januari 2017 sampai 21 Mei 2017, masih ada waktu yesss.


Produk Royal Cookware Royal VKB nya bagus nggakkkkk ?? kalau produk abal-abal sih yaaa malesin juga kan yaaa ? ehh jangan salah, cookware ini produk premium ternyatah. Modelnya bagus, dan mempunyai 5 kelebihan :
1. Berbahan teflon yang tahan lama dan tidak mudah rusak.
2. Mudah dibersihkan
3. Produknya mampu menciptakan panas yang merata
4. Handle tidak panas meskipun sedang di gunakan
5. Lulus uji standar kualitas Eropa
Soal kualitas cookware VKB ini saya nggak ragu deh, pokoknya jadi andalan baru saya di dapur untuk menyiapkan aneka makanan untuk keluarga di rumah.

Kelima cookware ini sebentar lagi jadi penghuni rumah saya :D

Nah, saya saja ngiler dan pingin punya koleksi cookware royal VKB. Untuk mengganti panci dan kuali teflon saya yang sudah mulai jelek. Makanya saya semangat banget mengumpulkan stamp dari Alfamart, sudah dapet 1 cookware frypan dan sebentar lagi produk cookware premium yang lainnya jadi koleksi di dapur saya hanya dengan mengumpulkan stamp Alfamart #emakemakmudahtergodacookware  -_____-

Kejutan Awal Tahun ( KAT ) 2017 di Alfamart bukan hanya berupa produk Royal Cookware VKB saja, kita juga berkesempatan untuk mendapatkan undian hadiah Grandprize yaitu 2 paket liburan ke Belanda. Waww....waww... dan itu hanya dengan mengumpulkan stamp dari belanja kebutuhan kita sehari-hari di Alfamart. Program KAT 2017 Alfamart juga menggunakan versi aplikasi yaitu Digital Alfastamp versi 2.0, jika berbelanja melalui digital aplikasi akan mendapatkan ekstra stamp.

Untuk Info Program Cookware Royal VKB Alfamart, silahkan klik link DISINI ya maks ;)

Karena saya punya cookware VKB baru dari Alfamart, bisa patah hati donk ya kalau perabot berbahan teflon saya rusak lagi hanya karena cara mencuci yang salah, makanya sekarang saya mulai edukasi si mpok lagi nih supaya mencuci dan merawat perabot berbahan teflon dengan benar. Kan sayang punya produk cookware yang bagus tapi tidak tahan lama. Kalau si Mpok ngeyel, CUCI SENDIRI dehhh... relaaaaa sayahh demi cookware kece ini tetap paripurna :)))

Ini tips merawat perabot berbahan teflon, kalau emak-emak punya cara lain boleh loh share dikolom komentar. Yang mau menambah koleksi perabot berbahan teflonnya juga boleh ikutan seru-seruan ngumpulin stamp belanja di Alfamart ;)
  1. Gunakan pengaduk/ spatula ketika memasak berbahan kayu halus atau spatula khusus perabot berbahan teflon .
  2. Gunakan sabun pencuci piring yang lembut, contoh sabun cair.
  3. Gunakan spons pencuci piring berbahan lembut, bisa juga menggunakan kain nylon. Jangan menggunakan spons pencuci piring berbahan kawat.
  4. Setelah memasak dinginkan sesaat peralatan teflon, jangan langsung di cuci dalam keadaan panas. Menyiram teflon panas dengan air akan membuat lapisan teflon mengelupas.
  5. Hati-hati menyimpan peralatan teflon, jika bertumpuk dengan peralatan logam bisa membuatnya tergores. Lebih baik gantung peralatan teflonnya agar tidak bersentuhan dengan peralatan lainnya.
  6. Jika panci atau kuali teflon emak sudah banyak goresan, bahkan sudah gugus dan mengelupas berarti sudah saatnya menggantinya dengan yang baru. Teflon yang sudah tergores sudah kehilangan fungsi anti lengketnya, dan serpihannya tidak baik untuk kesehatan.
Nah, selamat mengumpulkan stamp KEJUTAN AWAL TAHUN ( KAT ) 2017 AlfaMart ya maks,... dan semakin semangat menyiapkan aneka makanan lezat untuk keluarga tercinta di rumah :)

27 comments:

  1. Teflonku yang abal-abal juga cepat mengelupas. Naksir deh dengan Royal Cookware itu. Cantik banget 😍

    ReplyDelete
  2. Wah iya mesti hati2 merawat wajan/panci teflon. Di rumah ada bbrp yg rusak gara2 gosong huhuhu. Mau ah ngumpulin stamp biar dapat panci premium ini. Sapa tau rezeki juga bisa jjs ke Belanda :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga, teflonnya udah pada rusak *_* Mesti ganti baru nih ...

    ReplyDelete
  4. duh cakep banget yak... aku lagi ngumpulin stamp jg dr alfamart. semoga ketebus semua buat jadi penghuni dapur :)

    ReplyDelete
  5. Neng, awas tangan gak mulus lagi gara2 nyuci cookware Royal VKB sendiri hahaha

    btw, aku udah punya 2 form stamp nih

    ReplyDelete
  6. Huhuhu... alat masak teflon di rumah juga udah pada ngelupas-ngelupas gitu. Kudu diganti, ya. Ke Alfamart juga deh. Kebutuhan sehari-hari terpenuhi, alat masak cakep bisa dimiliki. Cik aciiiik...

    ReplyDelete
  7. emang mbak kalau teflon udah ngelupas lapisan anti lengketnya bisa bahaya kalau dipakai terus :(

    ReplyDelete
  8. Paling enak sih sebenernya pake yg marble pan, gak mengelupas kyk teflon cuma ya geto, lbh mahal dr teflon :D

    ReplyDelete
  9. aku pake telfon dan alhamdulilah awet dan aman. tapi baru tahu kalau nyuci telfon pas panas ga boleh heheh.. bisa dicoba tuh cookware nya Afamart, dilihat dulua ah

    ReplyDelete
  10. Jadi inget peralatan masak nyokap di Bandung, semua ancur karena di gosrek pake alumunium ma ART.. katanya kotor & dibikin jadi mengkilap.. #glegh
    Program Alfamart bikin seneeeng.. belanja plus dapet peralatan masak hihih, aku bisa ngebeliin nyokap juga ganti teflon2nya yg rusak :D

    ReplyDelete
  11. Empoknya rajin banget ya? Gosok terus mpok biar kinclong. Heheee. Aku memang butuh sih, alhamdulillah dapat. Teflon lamaku copot telinganya.

    ReplyDelete
  12. Mupeeeng. Lagi giat belanja di Alfamart supaya dapat panci dan wok idaman, hahaha.

    ReplyDelete
  13. Sama. Makanya suka ragu bel cookware. Khawatir gak apik nyucinya. Tapi akhirnya saya tergoda juga punya cookware dari Alfamart. Semoga awet, deh karena kan berkualitas :)

    ReplyDelete
  14. Bener ih,telpon itu susah-susah gamoang ngerawatnya. Di rumah merk M*x*m tetep tuh copel-copel yang item huwaaa. Tapi udah kadung ngefans telpob,ga suka pake almunium. Makanya penasaran mau coba yg dari Alfa,kmarin ngambil...kece bgt,kokoh

    ReplyDelete
  15. Bener ih,teplon itu susah-susah gampang ngerawatnya. Di rumah merk M*x*m tetep tuh copel-copel yang itemnya huwaaa. Tapi udah kadung ngefans teplon.ga suka pake almunium. Makanya penasaran mau coba yg dari Alfa,kmarin ngambil...kece bgt,kokoh

    ReplyDelete
  16. Beneran tuh mak... Kko ga memiliki jd kurang bertanggungjawab ya hehe...di rumah jg gitu. Mungkin maksudnya biar makin bersih atuhlah jadi kegores2

    ReplyDelete
  17. Kalo punya alat masak berbahan teflon, harus ekstra punya perhatian juga, Mak. Gak boleh percaya saja sama ART, ya :D

    ReplyDelete
  18. kalau pengen selalu licin tidak lengket gimana nih

    ReplyDelete
  19. Nyokap ku kayak nya punya banyak teflon tapi ngak perna di pake, buat pajangan aja kalo punya hahaha

    ReplyDelete
  20. Teflon ku duga sedikit mengelupas, padahal aku sudah sangat berhati-hati saat membolak-balik masakan.

    ReplyDelete
  21. dirumah ada beberapa peralatan dari bahan teflon.. alhamdulillah, umurnya gak panjang karena sering rusak/ngelupas, karena salah perlakuan :-)

    ReplyDelete
  22. udah punya nih tinggal ngelengkapin aja

    ReplyDelete
  23. memasak itu memang paling enak pakai teflon, aku masih ngumpulin stamp nih biar bisa punya casserole

    ReplyDelete
  24. Wajan teflon yang ada gagangnya gitu di rumahku juga bentuknya udah ga beraturan. Bulat enggak persegi pun ga jelas. Petot gitu lah haahha.... Dan iya bagusnya masak dengan wajan teflon temennya pake spatula buat ngaduk atau balikin gorengan biar ga tergores. Jangan hati aja yang harus dijaga biar gak tergores wkwkwk.... apaan sih

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)