19/06/2017

Rencana Mudik dan Birthday Gift Tazkia & Sean



"Ini bukan sekedar ulang tahun loh, Bun... ini sweet seventeen-nya Kaka, teman-teman kaka malah pada bikin birthday party 17 th"

Kalau si sulung nggak nyeletuk begitu sepertinya saya akan lupa bahwa bulan ini adalah bulan spesial bagi kedua anak saya. Khususnya untuk Kaka Tazkia yang tanggal 20 Juni ini tepat 17 tahun. OMG...SAYA SEMAKIN TUA, #lol. Dan Sean, adiknya yang 18 Juni genap 13 tahun.
Iya, saya pasti lupa moment spesialnya kaka tazkia sweet seventeen kalau saja dia tidak komplain dan pasang muka cemberut. Saat ayah ibunya hanya mengagendakan makan malam saja seperti biasanya kalau mereka ultah. Tanpa kado dan tanpa rencana spesial apapun. Keriweuhan satu bulan terakhir ini, dari urusan mertua mantu, kenaikan kelas, renovasi rumah bagian belakang sampai segala tetek bengek yang harus di urus. Benar-benar menyita pikiran, tenaga dan perasaan :))).


Dua kesayangan yang ULTAH bulan Juni ^_^

Akhirnya saya dan hubby menyerahkan rencana ulang tahun pada mereka berdua, mereka maunya apa silahkan diskusi berdua. Kalau memungkinkan, kami penuhi. Kalau tidak, mereka akan diberikan option lain. Tawaran kami berbuka bersama di rumah dengan keluarga besar dan sahabat-sahabat kaka, ternyata mereka tolak, ya sudah gak jadi kumpul-kumpul keluarga besar.


Nyesel juga menyerahkan rencana ulang tahun pada mereka hahaha, karena daftarnya panjang buibuk.

Setelah diskusi berdua dengan hubby, cuma dua point yang di setujui ayahnya. Makan malam berempat di tempat makan pilihan mereka dan staycation dengan catatan pilihan hotel dan kotanya ditentukan oleh ayah dan ibunya ( ini mungkin karena ayah ibunya juga butuh piknik ). Untuk kado, diserahkan ke ibunya donk karena pantang banget memberi mereka hadiah kalau tidak bermanfaat. Jadi kita lihat apa yang mereka butuhkan dulu, PS4 jelas gak bermanfaat karena PS3 masih duduk manis di kamarnya Sean -_____- . Lampu konser yang sejutaan juga gak bakal dibeliin kecuali dia mau nabung pakai uang jajannya sendiri. Saya menawarkan kado sepatu baru atau keperluan sekolah lainnya, nyebelinnya mereka bilang itu tidak masuk kategori kado... itu kewajiban ibu membelikan keperluan mereka katanya. ( ibunya manyun di pojokan )
Meski setengah manyun karena keinginannya tidak dipenuhi semua, mereka happy juga, karena wish list liburannya di penuhi ayahnya.
Tapi staycation/liburan di bulan Ramadhan gini kok kayanya nggak pas banget deh ya, akhirnya saya dan hubby putuskan bagaimana kalau sekalian dengan rencana mudik lebaran nanti. Kita cari hotel untuk staycation setelah lebaran, hotelnya ya cari di kota yang dekat dengan tujuan kita mudik. Jadi rencana mudik dan silaturahmi dapet, begitu juga memberi hadiah liburan singkat sesuai keinginan anak-anak bisa kita berikan tanpa mengubah agenda awal untuk silaturahmi.

Sekarang tinggal cari hotelnya deh, sempat deg-degan juga nyari hotel untuk booking saat moment libur lebaran nanti. Dapat gak yaa menginap di hotel yang kita inginkan dan sesuai dengan budget? dan ini bagian favorite saya. Menelusuri aplikasi pencarian hotel, melihat aneka destinasi wisata. Belum jalan-jalannya aja sudah happy. Ibunya juga butuh liburan dan butuh jalan-jalan kayanya. Butuh bahagia yang tanpa ribet #eh.


Ibu-ibu mana ada yang mau kalau mau pesan hotel aja repotkan, jadi ingat dulu kalau mau liburan lalu menginap di hotel. Riweuh deh cari nomer telpon hotel yang kita inginkan, lalu telponin satu-satu. Atau booking kamar hotel on going dan dapat kamarnya biasanya yang hanya tersedia saat itu. Boro-boro kita bisa pilih kamar yang sesuai dengan keinginan kita. Makanya sekarang saya setia pakai aplikasi Traveloka ajah. Mau liburan bahkan nyari hotel untuk booking di moment libur lebaran gini jadi lebih mudah, meski sempat deg-degan juga sih takut full booked. Tapi allhamdulillah masih available di hotel yang kita inginkan. Tinggal saya sesuaikan deh pilih hotel dan roomnya dengan budget jatah dari suami hehee. Trus nggak pakai khawatir ujug-ujug ada tambahan biaya lagi, beberapa kali menginap via aplikasi Traveloka tidak pernah ada tambahan biaya lainnya. Saat check out tinggal melenggang cantik keluar hotel, nggak pakai debet kartu ATM atau rogoh kocek lagi. Kecuali kalian sarapan pagi, tapi booking roomnya yang nggak include sarapan yeeeeee.


Akhirnya setelah searching berbagai hotel di dua kota tujuan mudik, kota Kuningan dan kota Cirebon. Pilihan jatuh di hotel Aston Cirebon, hotelnya dekat dengan tempat kuliner favorite kita. Dekat juga dengan pusat perbelanjaan. Dari galery foto hotel yang di tampilkan, anak-anak bakal betah dan happy banget staycation di sana. Lega deh, rencana staycation dadakan ini bisa di urus tanpa pakai repot. Tidak apa-apa staycation birthday gift-nya mundur sedikit ya Nak, ramadhan ini kita fokus berpuasa dulu. Sesudah lebaran nanti kita mudik sekaligus staycation sebagai tambahan hadiah ulang tahun dari ayah dan ibu.




Urusan hotel sudah beres. Masih ada waktu kurang lebih 5 hari untuk menyiapkan keperluan mudik dengan segala tetek bengeknya.

Saya sudah mulai menyiapkan buah tangan untuk orang tua dan keluarga di kampung halaman. Baju baru untuk Mama, mimih mertua dan papa sudah siap. Tinggal untuk para ponakan kecil. Lebaran selalu mendatangkan kegembiraan tersendiri, menjadi ajang silaturahmi dan berbagi yang kita rindukan setiap tahunnya. Mungkin karena anak-anak sudah besar, berpuasa tidak lagi terasa berat. Mereka sudah tahu bahwa puasa adalah kewajiban mereka sebagai seorang muslim. Jadi sudah tidak ada lagi drama lapar dan haus juga rengekan minta berbuka. 

Selain urusan packing dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, persiapan lainnya stamina dan kendaraan. Meskipun tujuan mudik sebenarnya tidak terlalu jauh, tapi arus mudik tidak bisa di prediksi kan ya. Perjalanan normal 4 -5 jam, saat suasana mudik lebaran bahkan bisa berkali lipat lamanya. Penting juga memantau berita traffic mudik, kalau bisa jangan berangkat di saat puncaknya arus mudik. Supaya perjalanan tidak terlalu melelahkan.

Nah, teman-teman punya rencana mudik lebaran ke mana? mengunjungi orang tua berlebaran di kampung halaman, atau menikmati libur dan bertamasya? Atau seperti saya, mudik untuk berlebaran bersama keluarga besar sekaligus rencana liburan singkat bersama kedua buah hati. Kemana pun semoga kita semua selalu diberikan kelancaran. Amiin.

Tunggu cerita mudik dan bonus staycation saya dan keluarga di kota Cirebon ya:)

14 comments:

  1. Happy sweet seventeen Kaka Tazkia, selamat bersenang-senang di hotel ya, semoga kado dari ibuk dan ayah menyenangkan :)

    ReplyDelete
  2. Aston Cirebon wah emang asik,...kita udah nyobain ..

    Selamat mudik ya dan selamat ulangtahun buat sean dan kaka tazkia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... staycations nih kita ^_^

      Delete
  3. Selamat ulang tahun dan selamat liburaaan!

    ReplyDelete
  4. Happy sweet seventeen kk tazkia... Happy mudik.. Happy vacation.. Happy holiday.. And always happy happy joy joy... 😘😘😘

    ReplyDelete
  5. Aku mah di Bandung aja liburan lebarannya, Ir. Bisi ada yang ngambil Bandung hihihi... Duh itu kakak sama Sean jago banget ya nolak hadiah kado haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa....staycations plus kado jg itu teh 😆

      Delete
  6. aaf lahir batin dan happy sweet seventeen birthday yaaaa Tazkiaaaa

    ReplyDelete
  7. selamat ulang tahun kakak tazkia dan sean.
    Mba irma sekarang udah punya anak gadis huehehehee

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)