15/11/2017

BICARA GIZI BERSAMA MASAKO DI DAPUR UMAMI


Sebenarnya agak deg-degan begitu diundang ke kantor pusat AJINOMOTO di daerah Jakarta beberapa waktu yang lalu. Kenapa…?? Ajinomoto itu micinkan ya ? #Lol

“ Itu Micinn Nenk, awas tulalit… ?! “ komentar sahabat saya di instastory saat saya mem-post sedang berada di kantor AJINOMOTO.

Iya sih, sebagai seseorang yang berusaha untuk terus hidup sehat memang agak ragu. Mengingat sering banget mendengar komentar negatif tentang produk penyedap. Meskipun akhirnya, justru saya malah penasaran. Benar nggak sih kalau micin itu memang tidak baik untuk kesehatan. Dan seperti apa kandungannya sampai ada istilah ‘ jangan banyak makan micin nanti bodoh ‘ bla..bla..bla

Okey, saya coba sharing disini ya. Anggap ini oleh-oleh jalan-jalan saya ke kantor AJINOMOTO.
Micin alias MSG sebenarnya adalah MONO SADIUM GLUTAMAT. Kandungan MSG ini sebenarnya ASAM GLUTAMAT atau ASAM AMINO yang juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menyusun protein didalam tubuh. Asam amino juga terkandung pada produk makanan seperti keju, ayam, bahkan ASI alias air susu ibu.

MSG alias rasa gurih ( umami ) ditemukan pertama kali oleh Dr.Kikunae Ikeda di tahun 1908 di Jepang.

BERBAHAYAKAH MSG ?? 


Ini juga pertanyaan saya begitu mendapat penjelasan mengenai MSG oleh PR Manager Ajinomoto Bapak Harris. 

Jawabannya, aman dan tidak membahayakan jika dalam batas pemakaian yang tidak berlebihan. Pada dasarnya kan apapun jika berlebihan memang tidak baik ya.

Jangan percaya kalau yang memberikan pemahaman soal ini hanya PR managernya dari perusahaan ini saja. Tapi kalau JEFCA ( FAO/WHO ) USFDA dan BPOM RI yang menyatakan kalau pemakaian MSG ini AMAN dan tidak berbahaya jika sesuai aturan. Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kandungan MSG berbahaya langsung untuk tubuh. Maka saya memilih percaya pada lembaga-lembaga di atas.

Catatan pentingnya : MSG sama dengan glutamat yang ada pada bahan produk makanan tidak masuk dalam aliran darah karena terurai menjadi 3 zat gizi. Yaitu glutamate, natrium dan air. Khusus untuk MSG yang terdapat pada produk-produk AJINOMOTO sudah tersertifikasi produk yang HALAL.

Keunggulan produk dari AJINOMOTO :

- Alami terbuat dari ayam, daging dan rempah-rempah pilihan yang di jaga kualitasnya dengan proses pembuatan modern dan higienis.

- Praktis dan ekonomis, mudah di dapat.

- Tersedia untuk aneka pilihan menu masakan.

DAPUR UMAMI : 


Dapur Umami adalah dapur di mana tim AJINOMOTO mengolah aneka makanan atau masakan. Di dapur UMAMI juga mereka mengunggah video ke kanal youtube : DAPUR UMAMI. Teman-teman bisa dapat panduan aneka menu masakan di akun Youtube Dapur Umami. Yang suka riweuh menentukan menu dan resep, boleh diintip video youtubenya. Dijamin kalian bakal secanggih para chef prof di dapur ;)

Didapur ini juga saya dan teman-teman lainnya berkenalan dengan tim dari AJINOMOTO, Ibu Yani sebagai Brand manager Masako, Ibu Eurli Asria sebagai section Brand Manager dan Bapak Harris PR Manager yang menjelaskan apa sih MSG yang pemaparannya saya tulis di atas.


Tidak Cuma mereka yang hadir, ada juga Dr. Rita Ramayulis DCN,M.Kes yang sharing tentang Gimana sih menurunkan anak obesitas. Juga Chef cantik dan seru, Mbak Yunita Princes.

Tips menurunkan anak gemuk ala Dr. Rita Ramayulis DCN.M.kes :

Dr.Rita mengenalkan program diet REST untuk membantu program penurunan berat badan untuk anak yang mengalami obesitas. Diet REST merupakan A lifelong Diet. Mengurangi konsumsi lemak, gula dan pola hidup aktif.

Target Diet REST :

6 – 12 tahun : - Tidak terjadi pertambahan jumlah lemak

- Terdapat perubahan perilaku makan dan aktifitas

13 – 17 tahun : - IMT menurut umur menurun

- Pencapaian ‘ Growth Spurt ‘ optimal

Lebih dari 18 tahun : - Terjadi penurunan berat badan karena

Kehilangan lemak.

- Massa otot, rangka dan cairan dalam keadaan normal.

3 Hal Yang Harus Dilakukan : MOVE, MODEL, MEET

1. Move : Buat anak aktif bergerak, lakukan banyak aktifitas fisik meskipun hanya melakukan aktifitas harian. Seperti naik turun tangga, membantu ibu menyapu, dll. Minimal 60 menit.

2. Model : Anak akan mengcopy apa yang dilakukan orang tuanya/lingkungannya. Jadi mulai menjadi MODEL ! jadilah orang tua bisa menjadi Nutrition parenting dan role model gaya hidup sehat.

3. Meet : Beri anak kesempatan untuk memahami kondisinya, lalu melibatkan anak bersama-sama dengan modelnya dalam hal ini jika dalam keluarga adalah orang tuanya atau adik/kakaknya untuk sama-sama melakukan perubahan.

Note :

- Ajarkan anak mengenal rasa lapar dan kenyang

- Ajarkan anak mengendalikan rasa bosan tidak dengan makanan

- Senantiasa memberikan pujian jika anak mau mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur atau buah

- Berikan makanan untuk anak sesuai porsinya

Cooking with Chef Yunita : 


Sesi terakhir adalah masak bersama chef Yunita dan cooking challenge. Chef cantik dan lucu ini memasak dua menu makanan, Brokoli saus telur asin dan siomay jamur masako. Dua menu ini jadi salah dua andalan saya di rumah, khususnya brokoli saus telur asin.




Tips dari Chef Yunita :

- Pilih bahan makanan entah sayur, buah atau daging dengan kualitas segar dan baik.

- Masak sayuran dengan api besar dengan cepat lalu matikan. Biarkan sisa panas dari api yang akan mematangkan proses makanannya

- Tambahkan bumbu penyedap seperti MASAKO untuk menambah rasa.

- Jangan cuci daging sapi sebelum di masukkan ke lemari pendingin. Cukup di lap, cuci segera jika ingin dimasak.

- Cuci bersih daging ayam sebelum di masukkan ke dalam kulkas, lalu masak daging ayam sampai benar-benar matang.

Cooking Challenge : 



Di sesi terakhir akhirnya ibu-ibu jaman now meski lahir di jaman old turun ke dapur juga. Menu cooking challengenya Bayam Mentega.

Gampang sih, tapi tentu saja butuh trik untuk menciptakan sayur bayamnya tetap kruncy dengan tampilan warna sayur yang tetap bagus. Dan tentu saja rasanya harus lezat donk. Makanan sehat tapi juga harus enak supaya keluarga di rumah lahap menyantap masakan kita. Rahasia dari chef Yunita dengan menambahkan MASAKO secukupnya.

Daann,… team kita jadi pemenangnya ! allhamdulillah gak sia-sia ya buibuk kita gedubrakan di dapur setiap hari ;)

PR bangetkan untuk ibu rumah tangga, gimana caranya menyiapkan aneka makanan untuk keluarga di rumah setiap hari. Bagaimana menyiapkan makanan yang sehat tapi juga enak. Nah MASAKO kayanya bisa kita jadikan partner di dapur nih, secukupnya tentu saja J

Terima kasih AJINOMOTO dan MASAKO untuk sharing berfaedah juga lezatnya di dapur UMAMI.


8 comments:

  1. Yeaaayyy selamat yaa menang! Pantesan aja juara, rupanya ini menu andalan di rumah ya mbak? Hihihihi. Enak kali lah jadi anaknya Bu Irma nih :)))

    ReplyDelete
  2. Selamat ya mak irma kmrn team nya menang. Pasti karena masakannya enak bgt tuh

    ReplyDelete
  3. Wah enak-enak semua masakannya. Pengen dipraktekkan semuanya karena bikin ketagihan & pasti pake Masako.

    ReplyDelete
  4. Selalu suka liat foto dirimu mak. Cantik dan lembut. Sehat2 terus ya mak

    ReplyDelete
  5. Iya peer banget, buat masakan yang seluruh keluarga doyan tapi tetap sehat.

    ReplyDelete
  6. Jadi dapat tambaa ilmu tentang msg plus dapt menu tambahan untuk keluarga di rumah

    ReplyDelete
  7. Tehhhh, selamat yahhh.. Jd pengen nyoba Bayam Mentega nya :D

    ReplyDelete
  8. Kapan aku dimasakkin sama Nengnong? :D

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)