26/11/2017

TIPS LIBURAN HEMAT BERSAMA KELUARGA

Assallamuallaikum,…
Sudah di bulan-bulan penghujung tahun, waktu cepat sekali berlalu ya. Sebentar lagi tahun baru, anak-anak sudah bersiap ujian semester lagi. Dan sudah pasti sebentar lagi liburan akhir tahun hohoho, ini yang paling bikin bahagia kayanya. LIBURAN… meskipun liburan tahun ini untuk saya dan keluarga masih belum bisa untuk pergi ke tempat liburan impian. Awal tahun depan harus mempersiapkan biaya masuk kuliah kaka Tazkia dan segala tetek bengeknya #curhatbuk? :D

Taman tebing Breksi Jogja

Tapi untuk liburan singkat, kayanya perlu juga di agendakan. Sekedar melepaskan kepenatan sehari-hari, supaya setelah berlibur, kita lebih fresh dan siap kembali menjalani aktifitas. Kebetulan kaka Tazkia ingin sekali berlibur ke kota Malang, katanya banyak tempat wisata yang seru dan kekinian disana.


Credit
Jadi saya mulai searching hotel dan tiket via Traveloka. Jauh-jauh hari beli tiket dan booking hotel supaya dapat harga yang lebih ekonomis. Jika liburan direncanakan dengan baik, insyaallah pulang liburan tetap happy, berarti tujuan refreshingnya dapet tuh. Karena saldo ATM tidak terkuras untuk biaya dan tetek bengek bernama liburan yang membengkak dan seharusnya bisa disiasati ( ibu-ibu banget, saldo menipis hati galau ) #LOL

Ini beberapa tips liburan hemat bersama keluarga ala Irma senja yang ingin liburan tapi saldo ATM harus tetap aman terkendali hohoho.

Budget liburan 

Credit

- Tentukan nominal biaya liburan (flexible tapi beri batas maksimal)

- Diskusikan soal budget liburan dengan anggota keluarga ( khususnya dengan pasangan ), mengajak anak diskusi soal budget juga akan membuat mereka belajar bertanggung jawab.

- Bawa uang saku sesuai kebutuhan, kalau perlu catat pengeluaran selama perjalanan untuk menghindari pengeluaran diluar budget.

Akan berlibur kemana kita ?


- Tentukan kota atau Negara tujuan. Diskusi dengan anggota keluarga untuk menentukan tempat tujuan berlibur.

- Buat daftar tempat wisata yang akan dikunjungi di kota tujuan. jika masih punya anak kecil mungkin pilih tempat liburan yang kids friendly. Jika anak sudah lebih besar akan lebih mudah. Tanyakan anak-anak ingin mengunjungi tempat wisata apa.

Note : Baca blog para travel blogger untuk mencari tahu tempat wisata seru dan menarik atau googling !

Credit
Pilih akomodasi yang tepat 

- Jika ingin menggunakan transportasi umum seperti pesawat, lebih bijak pesan tiket jauh-jauh hari. Biasanya jauh lebih murah, siapa tahu dapat tiket promo. Begitu juga untuk mencari hotel, kebetulan aku suka pakai fitur Traveloka “ Best Price Calendar “ di fitur ini kita bisa melihat perbandingan harga hotel setiap harinya. Ini memudahkan kita untuk menentukan waktu booking atau pesan di tanggal berapa atau hari apa. Kita bisa menyesuaikan dengan budget yang kita siapkan. Fitur ini membantu kita untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk berlibur dan mendapatkan harga lebih hemat.


- Pelajari moda transportasi disana, jika berlibur ke tempat yang jauh dan tidak membawa kendaraan pribadi. Kemana-mana menggunakan taksi jelas pemborosan. Coba transportasi daerah pasti jadi pengalaman yang seru dan sudah tentu murah.

Credit

Buat Prioritas

- Cermat dalam memilih tempat wisata, pilih tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari hotel jadi salah satu trik hemat berlibur bersama keluarga.

- Jangan kalap belanja oleh-oleh, kalau perlu buat list oleh-oleh apa yang ingin dibeli sebelumnya. Pilih tempat belanja yang tidak terlalu popular. Atau kunjungi tempat pembuatnya/pabriknya. Ini akan jauh lebih murah dibanding belanja di tourist spot.


- Membawa bekal camilan dan air. Untuk anak-anak saya yang suka ngemil, ini penting banget. Biasanya saya belanja dulu di supermarket sebelum berangkat berlibur.

- Liburan berarti juga mencoba aneka kuliner, siasati dengan cermat memilih tempat makan. Boleh masukkan daftar restoran keren ke tujuan kuliner, tapi jangan setiap makan ke restoran mewah donk. Banyak juga tempat kuliner enak dan ngetop tapi tidak menguras dompet. Tipsnya, googling !


Liburan bukan hanya soal perjalanan dan tujuan wisata, hotel atau tiket. Tapi liburan bersama keluarga harus menjadi cara untuk menciptakan kebersamaan yang indah. Yang akan menjadi kenangan manis kelak. Liburan juga salah satu cara membangun komunikasi yang lebih baik, antara suami istri… khususnya orang tua dan anak. Liburan adalah perjalanan jiwa, eeeaaa.



Saat liburan entah mengapa saya selalu merasa lebih ‘dekat’ dengan anak-anak. Komunikasi kami jadi lebih mesra gituh, biasanya sibuk dengan aktifitas masing-masing. Semakin mereka besar berkumpul di satu meja makan saja sudah mulai sulit. Kalau sedang berlibur, mereka nempel seperti perangko sama ibunya. Akhh bahagiaaa, makanya…yuk liburan ya Nak J


15 comments:

  1. Replies
    1. Insyaalloh mas, pingiinn.... suami saya yg duluan kayanya nih. Akhir minngu ini belio akan tugas kesana hahaha...istrinya mupeng

      Delete
  2. wuih.. pas banget artikelnya buat acuan liburan akhir tahun..
    terima kasih mbak..

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen liburan :D

    Suamiku tuh terbantu banget sama Traveloka scara dia sering travelling gitu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dan keluargaku juga mbak, dan ternyata sahabt2 dekatku di rumah juga milihnya traveloka :)

      Delete
  4. wah ga sabar nih nunggu liburan ya. Sekolah tinggal 2 minggu lagi

    ReplyDelete
  5. Tentukan budget selama liburan, ini penting banget buatku. Jangan sampai balik liburan abisnya mewek karena tekor hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju teh... krn urusan oleh2 aja bisa jd membengkak kalo gak kita anggarkan sebelumnya

      Delete
  6. makasih tipsnya, memang enak kalau liburan bersama klg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... trus mba akhir thn mau liburan kemana sm klrg ? :)

      Delete
  7. blog dan tulisannya keren mbak, salam kenal ya, saya Boris

    saya baru belajar ngeblog, mohon mampir ya

    https://sisimurung.blogspot.co.id/2017/11/top-ten-interview-questions-dan-cara.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas, salam kenal jg... trima ksh sudah berkunjung ya :)

      Delete
  8. Wah pas banget nih mbak....mumpung liburan akhir tahun sebentar lagi...tau aja Simbak artikel yang banyak dicari Dominggus terakhir Desember��

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)