19/03/2018

Merencanakan Liburan Bayar Belakangan

Dioleh-olehin sahabat segudang foto travelingnya beberapa hari ke Bali membuat saya syedih, mbok ya jangan cuma foto oleh-olehnya maksudnya #LOL. Ketika kami duduk disebuah kedai kopi langganan, dia memperlihatkan foto-foto kerennya... saya senewen sambil menikmati kopi yang terasa lebih pahit siang itu. hahaha

Foto @mirasahid

Iyaa, sebagai pencinta langit senja, yang bahkan memilih nama SENJA untuk putri saya. Jelas saya jatuh cinta sekali pada moment matahari turun perlahan ke balik cakrawala. Meninggalkan lembayungnya yang kemerahan di kaki langit. MasyaAllah indah sekali langit senja. Dan melihat foto-foto Mba Mira sahid yang mengabadikan liburannya dengan banyak latar belakang langit senja membuat saya ngiler. Sudah lama rasanya sejak saya berlibur terakhir kali sambil menikmati senja di pinggir pantai yang indah. Hikssss....

" Ayo nenk kita liburan, ijin deh sama suami setidaknya sesekali kamu berlibur khusus refreshing untuk dirimu sendiri setelah sejuta rutinitas harianmu itu. Atau agendakan waktu berlibur sedikit panjang dengan keluarga. Jangan cuma liburan di dalam kota yang gak jauh dari makan, shoping, nonton dan nge mall mulu sik  " ucap mba Mira sahid siang itu.

Ngopi sambil ngomongin jalan-jalan bareng yang entah kapan terlaksana :D

Saya hanya mengangguk membenarkan ucapannya,
" Tapi semakin anak-anak besar kok liburan bareng semakin sulit ya ? di rencanakan jauh-jauh, ehh mendekati waktunya ada saja kendalanya. Ya tiba-tiba suami ada keperluan kantorlah. Ada acara sekolahlah, dan lain-lain. Ingin liburan ke suatu tempat, booking hotel lalu cancelkan sayang banget. Buang-buang uang, jadi agenda liburan tuh gak terlaksana juga hanya sebatas wacana trus. Problem utamanya menyatukan waktu ini yang agak sulit loh mbak "

" Udah, sekarang agendakan saja liburan dulu. Pilih kota yang di inginkan, booking hotel yang kamu mau. Kamu kan pakai aplikasi pemesanan hotel Nenk ? sekarang kan ada fitur baru yang bisa booking aja dulu gak usah transfer, nah bayarnya nanti saat check in di hotel. Begitcuuuu... "

" Serius bisa bayarnya belakangan atau saat kita check in ? trus yakin gak tuh kamarnya terbooking kalau kita gak langsung bayar or transfer ? " saya belum yakin nih, begitu sampai kota tujuan wisata trus kamarnya belum terbooking kan rempong lagi.

" Iya donk, yakinlah...aku kan sudah pernah coba. Yang penting kita punya credit card, masukkan no cc nya saat kita booking via aplikasi. Sebenarnya credit card itu untuk jaminan aja, udah pasti urusan kamar aman deh " Sahabat saya sudah mirip marketing pemesanan hotel online nih :D

" Kok aku kudet, halahhh... kalau tahu ada fitur begitu udah langsung ku cobalah, setidaknya bisa jadi salah satu cara 'maksa' suami liburan juga nih Hahhaaha "

" Hahaha, dasar ... fitur ini cocok soalnya buat aku yang suka traveling, jadi harus update dan pasti tahu ada fitur pay at hotel gini. Aku bisa merencanakan liburan jauh-jauh hari, tiket akan lebih murah dan urusan hotel aman " . Aku menyimak sambil mulai membayangkan, berfoto di pinggir pantai dengan latar belakang langit senja yang indah. Akhhh gak sabar ingin menjemput Senja di pulau dewata.

Obrolan random siang itu di kedai kopi bersama sahabat yang membuat saya begitu sampai rumah langsung semangat mantengin aplikasi pencarian hotel Traveloka untuk booking hotel. Saya pengguna Traveloka tapi kok kudet ada fitur baru ginih. Jadilah, rencanain aja dulu, saya pilih tanggal yang kira-kira urusan ujian dan sekolah anak-anak sudah aman. Kalau booking jauh-jauh hari gini, biasanya harga hotel lebih murah juga. Pakai kalender aplikasinya kita bisa tahu juga kapan rate hotel sedang murah. Pilih tanggal, cari hotel, lalu booking deh. Biasanya begitu kita confirm booking, kita akan diminta langsung transferkan. Nah di fitur baru ini, kita ceklis aja pilihan Pay At Hotel. Nanti akan keluar daftar kamar dan hotel yang bisa kita bayar begitu kita check in di hotelnya. ( Tapi belum semua hotel punya fasilitas pay at hotel gini nih, jadi teman-teman harus teliti saat milih dan searching hotel dan milih kamarnya ya ). Setelah itu kita akan diminta memasukan no Credit Card, lalu confirm deh. Itu CC buat jaminan aja sih, pastikan CC nya masih berlaku dan memiliki sisa limit yang cukup untuk biaya pemesanan hotel. 

Nih, aku share tahap-tahap untuk booking pay at hotel ya  :)


 Nah setelah pilih kamar hotelnya ada kolom yang bisa kamu ceklis untuk liat kamar hotel mana aja yang bisa Pay At Hotel



Pengalaman sahabat saya untuk cancel juga free loh, asal teman-teman perhatikan saja aturannya ya. Tuh di atas aku share Cancellation policy nya :)

Ini tahapan masukin credit card, yang aku kasih gambar biru itu bagian no credit card ku. Masukan nomornya, nama lalu selesai deh. Bagian ini gak bisa ku capture mungkin karena ada penulisan no kartu kredit ya jadi untuk safety kayanya ;)

 Nah, tahapan bookingnya sudah selesai. Kita sudah confirm untuk booking hotel di tanggal yang kita inginkan tanpa harus bayar dulu. Tapi di jamin kamar kita sudah aman ;)

Teman saya bilang, liburan itu bagian dari ibadah jiwa hahaha... jadi harus dimasukan ke dalam agenda hidup kita. Yayayaaa,....baiklah Mbak, beruntunglah para traveler hari gini. Sudah banyak aplikasi dan fitur yang membantu banget untuk urusan jalan-jalannya. Dari urusan tiket sampai hotel. Buat saya liburan juga penting meskipun kadangkala harus ngalah untuk kepentingan yang lebih besar, contohnya ujian akhir sekolah kaka Tazkia yang hampir di depan mata. Untungnya ada fitur baru yang bisa membantu merencanakan liburan untuk kita nanti. Bayarnya setelah menginap pulak. Cmiiwww ....


17 comments:

  1. Pengen coba fiturnya ah, bulan april dan mei banyak hari libur :)

    ReplyDelete
  2. Mantap jiwa tuh mbak, bisa bayar setelah check in
    Kubaru tau dan TFS buat sharingnya yaah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku pun baru tahu, dan akan aku coba nih ^_^

      Delete
  3. Wah, aku juga baru tau nih fitur terbaru dari Traveloka. Suamiku tuh suka banget pesen hotel via traveloka. Jadi lebih praktis, katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, mbak... aku pun pemakai fitur traveloka nih. Jadi kalo liburan udh praktis aja tinggal masuk kamar dan hotelnya :)

      Delete
  4. Cocok banget buat kita yang kadang jadwal suamik suka semaunya berganti sesuai tuntutan kerja

    ReplyDelete
  5. Boleh dicoba nih fiturnya. Sekarang juga mulai susah bisa libur bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo coba mak, hooh... nasib anak2 udh punya agenda masing2 gini nih

      Delete
  6. Biasanya Bayar sesuatu itu didepan, ini malah di belakang. Makin mantap pelayanan Traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teliti sebelumnya ya, karena ga semua hotel memakai fitur ini :)

      Delete
  7. waaaahhhh boleh juga ihhh dicoba fiturnyaa, salam kenal kak :)

    ReplyDelete
  8. Yang penting free cancelation, jadi kalau cancel ga ada potongan biaya ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Nanti mau cobain langsung di Traveloka ah, keren nih fiturnya.

    ReplyDelete
  10. Iyaa mbaa udah pernah coba kemarin pas di Bandung, hati tenang dan dompet aman yak, hehe...salam kenal ya mbaa

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)