08/05/2019

Beli Rumah Vs Sewa Rumah: Mana yang Lebih Baik Dilakukan di Bandung

( Photo : Freepik ) 

Sejak Kaka Tazkia Senja kuliah dan kost di bandung, otomatis saya sering bolak-balik jenguk kesana. Sebenarnya bisa sih nginep dikostnya, tapi nyatanya setiap jenguk ke Bandung ya nginepnya dihotel. Jadi kepikiran pingin punya rumah juga di sana. Hemmm, okey soal itu biar nanti saya bicarakan dengan ayahnya anak-anak selaku penyandang dana utama deh. kali ini sekalian aja kita bahas soal rumah deh yaa. Untuk teman-teman yang belum punya rumah, dan lagi mikir mau beli rumah atau mau sewa aja dulu... terusin bacanya ya ;)

Bingung, ingin beli rumah pribadi atau melakukan sewa rumah? Tenang, semua orang pasti pernah mengalaminya kok. Seringkali, keinginan untuk beli rumah pribadi tertunda karena masalah budget yang terbatas, serta mahalnya harga rumah yang tersedia di perkotaan.

Apalagi di Bandung, berpredikat sebagai salah satu kota dengan harga properti termahal dan terlaris di Indonesia, membuat kita sulit sekali mencari rumah murah di kota tersebut.

Kalau sudah begini, pilihan untuk melakukan sewa rumah pun muncul. Namun, apakah melalukan sewa rumah merupakan cara yang ideal untuk dilakukan sebelum kamu memiliki rumah pribadi?

Tahan dulu, sebelum memutuskan hal tersebut, baca dulu penjabaran di bawah ini tentang perbandingan untung-rugi antara beli rumah di Bandung atau melakukan sewa rumah di Bandung.

PERTIMBANGAN KONDISI KEUANGAN 

( Photo : Freepik ) 

Hal yang pertama yang dapat dilakukan dalam mempertimbangkan beli rumah atau melakukan sewa rumah adalah dengan melihat kondisi keuanganmu sendiri.
Sebab, urusan beli dan sewa rumah sesungguhnya bukan perkara yang enteng, karena pasti akan memerlukan sejumlah dana. Meskipun kamu memutuskan untuk sewa rumah, kamu masih harus membayar biaya sewanya setiap bulan, bukan?

Oleh sebab itu, pertimbangkan keuanganmu terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan tersebut.
Sebagai contoh, katakanlah kamu dan pasangan memiliki pendapatan masing-masing Rp 6 juta per bulannya. Lantas, total pendapatan kalian berdua jika ditotal menjadi Rp12 juta per bulan.
Dari pendapatan tersebut, kalian lantas menghabiskan Rp. 9 juta untuk kebutuhan kebutuhan keluarga. Maka, sisa uang yang kalian miliki adalah Rp 3 juta per bulan.

Nah, dengan sisa uang tersebut rasanya cukup kok untuk kamu melakukan beli rumah ataupun sewa rumah di Bandung. Namun tentu saja, dengan sisa uang Rp3 juta per bulan, kamu hanya bisa membeli rumah dengan menggunakan skema cicilan KPR. Dan itu juga belum termasuk biaya DP-nya. Tenang, banyak kok perumahan murah yang memberikan kemudahan dalam pembayaran uang muka. Kalau rumah saja diangsur, masa DP-nya enggak boleh dicicil? Hehe.

LAKUKAN SURVEY HARGA ANTARA BELI RUMAH DAN SEWA 

( Photo : Freepik )

Ini penting sekali untuk dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk beli rumah atau melakukan sewa rumah. Dengan mengetahui harga pasaran kedua properti tersebut, kamu bisa mengira-ngira berapa jumlah uang yang akan kamu keluarkan, bukan?

Untuk lebih gampangnya, kamu bisa melalukan survei tersebut melalui situs jual beli rumah terlengkap dan terpercaya, seperti 99.co Indonesia. Misalnya, kamu ingin mencari perbandingan harga rumah di Bandung, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengetik kalimat “beli rumah di Bandung” pada kolom pencariannya, maka keluarlah sejumlah listing yang memperlihatkan iklan rumah dijual yang ada di Kota Bandung.

Tidak hanya harga, kamu juga dapat membandingkan lokasi dan segala fasilitas pendukung yang terdapat di areal rumah tersebut. Jika menurutmu lebih baik untuk melalukan sewa rumah, kamu juga bisa kok membandingkan harga sewa, lokasi dan fasilitas lainnya lewat 99.co Indonesia.

Tidak hanya sampai di situ, melalui situs 99.co Indonesia kamu juga bisa menghitung cicilan KPR lewat fitur kalkulator KPR yang terdapat pada situs tersebut, lho. Wihh, memudahkan banget nih.

Nah, jika biaya sewa rumah di Bandung sama saja dengan biaya cicilan KPR rumah baru, menurut saya alangkah lebih baik jika kamu menyicil rumah saja. Sebab, rumah yang kamu beli akan menjadi hak milik kita donk. Selain itu, jika kamu masih memiliki sedikit uang, kamu bisa merenovasi rumah tersebut sesuai keinginanmu.

BANDINGKAN LOKASI DAN FASILITAS DI ANTARA KEDUANYA

( Photo : Freepik ) 

Tips yang paling gampang dalam mencari lokasi hunian adalah, carilah yang paling dekat dengan tempat kerjamu. Jika kantormu berada di tengah Kota Bandung, seperti Jalan Asia Afrika, maka carilah daerah terdekat dari lokasi tersebut.

Memang, mencari rumah murah yang berlokasi di tengah Kota Bandung saat ini terbilang cukup sulit. Perumahan rumah biasanya dibangun di lokasi yang jauh dari pusat kota. Oleh sebab itu, pilihan untuk sewa rumah di Bandung rasanya menjadi lebih masuk akal untuk masalah yang satu ini.

Sebab, banyak rumah kontrakan di Bandung yang lokasinya dekat dengan pusat kota dan perkantoran. Namun, apabila kamu memutuskan untuk beli rumah, maka pilihlah lokasi yang memiliki akses yang paling gampang untuk menuju tempat kerjamu.

Contohnya seperti daerah yang memiliki akses tol, stasiun kereta, terminal bus, atau akses transportasi umum lainnya. Selain memiliki akses yang baik, pilihlah tempat tinggal yang berdekatan dengan berbagai fasilitas umum di sekitarnya, seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Mengapa? Sebab, hal ini dapat mempermudahmu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

SESUAIKAN DENGAN KEBUTUHANMU

( Photo : Freepik ) 

Rumah kontrakan memang ditujukan untuk hunian sementara, bukan sesuatu yang kamu tinggali selama bertahun-tahun. Maka dari itu, jika kamu seseorang yang sering berpindah-pindah (karena pekerjaan atau lainnya), maka pilihan untuk sewa rumah rasanya tepat untukmu.

Namun, apabila kamu ingin menetap dalam jangka waktu lama, serta menganggap bahwa investasi merupakan hal yang penting dalam properti, maka beli rumah adalah pilihan yang cocok untukmu.
Nilai investasi di Bandung termasuk yang paling tinggi di antara kota-kota lain di tanah air. Jelas saja, selain menjadi kota tujuan wisata di Indonesia, Bandung juga terkenal sebagai pusat pendidikan di Jawa Barat. Tentu sangat menguntungkan jika kamu memiliki rumah di Bandung. Sebab, selain bisa dijadikan tempat tinggal pribadi, rumah tersebut dapat kamu sewakan atau bahkan dijual dengan harga yang tinggi.

Maka dari itu, sesuaikan kebutuhanmu dengan jenis hunian yang kamu pilih, ya. Enggak masalah kok jika kamu hanya sanggup untuk menyewa rumah. Malah lebih baik, daripada memaksa untuk membeli sebuah rumah, namun tidak dibarengi dengan perhitungan yang matang.

MAU BELI RUMAH ATAU SEWA RUMAH, TETAP MENABUNG ! 

( Photo : Freepik ) 

Apapun pilihanmu, mau itu beli rumah atau melakukan sewa rumah sekalipun, kamu tetap harus menabung! Mengapa ? Sebab, seperti yang juga telah saya sebutkan sebelumnya, mengontrak rumah bukanlah pilihan yang bijak untuk dilakukan selama bertahun-tahun. Oleh sebab itu, menabung untuk beli rumah pribadi adalah solusi atas permasalahan tersebut.

Rubah gaya hidup borossmu, dan mulailah membuat rencana keuangan. Sisihkan gaji yang didapatkan sebesar 20 persen setiap bulannya untuk menabung. Buatlah rekening tabungan khusus dan jangan campur dengan rekening harian, agar uang tabunganmu tersebut dapat terjaga dan tidak berkurang.

Lantas, bagaimana jika gajimu hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari?

Maka solusinya adalah dengan mencari penghasilan tambahan, bisa melakukan pekerjaan sampingan atau membuka bisnis kecil-kecilan, demi menambah pundi-pundi tabunganmu.
Apakah hal ini hanya berlaku untuk orang yang ingin melalukan sewa rumah saja? Sudah pasti, tidak!

Kalaupun kamu memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah rumah, beban biaya yang harus kamu keluarkan tidak hanya cukup sampai di situ. Kamu tetap harus memikirkan biaya perawatan rumah, contohnya seperti melakukan pengecatan rumah, memperbaiki genteng yang bocor, dan biaya-biaya tidak terduga lainnya.

Apakah biayanya murah? Tentu saja, tidak. Maka dari itu, biasakan untuk menanbung, agar kamu memiliki cadangan dana apabila hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat, terutama untuk kamu yang sedang bingung menentukan beli rumah pribadi atau melalukan sewa rumah. Selamat mencari hunian!

Btw, keinginan saya untuk membeli rumah di Bandung karena Anak kuliah disana ... hemmmm, belum terlalu urgent sih, kecuali Sean nanti kuliah juga di Bandung. Pindah aja udahlah ke Bandung hahahaa. 

4 comments:

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)