30/12/2018

ALASAN KOTA CIREBON ITU NGANGENIN

Musim libur akhir tahun dan awal tahun menjelang, ada banyak destinasi wisata ke berbagai kota yang pasti ingin teman-teman kunjungi. Saya menunda liburannya untuk beberapa waktu nih, nunggu Sean pulih sehabis sakit kemarin. Rencananya sih Insyaallah awal februari nanti ingin liburan ke Malang. Kalau nggak ke Malang, yaaa kemana lagi kalau bukan ke Cirebon :D

Kok Cirebon ? Hohoho,...IYA Cirebon, ini dia beberapa alasan kenapa bolak balik ke kota ini, buat saya pribadi nggak akan pernah bosen.

1. Kulinernya yang menggoda . Apalagilah kalau bukan karena kulinernya yang sudah mendarah daging. Dari jaman masih anak-anak dulu sampai setua ini kuliner Cirebon selalu bikin kangen.

 image minjem di google, foto empal gentongnya enta nyelip dimana :D

Barisan menu nasi jamblang Ibu Nur  ( Dok Pri )

Empal gentong, paduan kuah gurih dan panasnya plus potongan daging, dan jeroan. Atau nasi jamblang yang legendaris yg semakin kemari semakin laris manis dan ngehits layaknya selebritis. Atau semangkuk mie konclok yg disiram kuah kental santan dan suiran ayam kampung, duh...nikmat banget. Daannn banyak lagi kuliner Cirebon, 3 ini yang wajib saya datangi setiap datang ke kota Cirebon. 

Mie Konclok Cirebon 

2. Cirebon adalah kota yang mengabadikan rekam jejak sunan atau wali. Ada jejak Sunan Gunungjati disana, salah satu wali songo yang ikut menyebarkan agama islam pada abad ke 14, hingga penduduk di Jawa barat mayoritas memeluk agama Islam. Cirebon juga memiliki kerajaan yang sampai saat ini masih berdiri kukuh dan terawat dengan baik. Ada keraton Kasepuhan, Kanoman, Keceribonan dan Keprabon. Beberapa bulan lalu saya mengunjungi keraton Kasepuhan, dan keratonnya masih terawat dengan baik loh. Suasana sekitar masih kental sekali budayanya. 

Image from Google 

Di keraton Kasepuhan

Salah satu gapura keraton Kasepuhan yang menurutku Instagramble hhohoo, keren ^_^

3. Pusat pencinta batik
Siapa yang tidak jatuh cinta pada batik, salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang membanggakan. Di kota cirebon ada satu daerah yg menjadi pusatnya pengrajin batik. 

Batik Trusmi

Trusmi,... sejauh mata memandang barisan toko atau pengrajin batik tersebar di tiap penjurunya. Mau batik yang murah meriah sampai batik dgn harga fantastik dan kualitas juara ada disini. Jangan khawatir dengan mode, saat ini batik Cirebon gak kalah keren dan variatif modelnya. Yang khas dan terkenal dari Cirebon adalah motif batik mega mendung.

4. Dan alasan terakhir, alasan yg sangat personal... salah satu alasan tidak akan pernah bosan untuk datang ke kota ini adalah karena Cinta dan kenangan yang melingkupinya. Kota di mana papa dan mamaku berada, kota dimana aku dilahirkan. Menyimpan setiap jengkal perjalanan kecilku hingga dewasa. Tidak mungkin aku tidak ingin pulang dan mengunjungi kota ini lagi dan lagi.

Mengunjungi Cirebon bukan hanya wisata kuliner dan belanja, tapi kehangatan bertemu orang tua dan keluarga :)

Ketika waktunya memungkinkan untuk berlibur lama, biasanya aku akan pergi bersama suami dan anak-anakku. Karena aku tinggal di Jakarta, mengunjungi Cirebon bukan perjalanan yang terlalu lauh. Membawa kendaraan pribadi kami hanya akan memakan wktu 3 sampai 4 jam saja.

Tapi belakangan, ada beberapa keperluan yang membuatku harus sering bolak balik ke Cirebon dalam perjalanan yang singkat, atau hanya sekedar kangen Cirebon. Karena nyetir sendiri kendaraan pribadi kadang melelahkan, saya biasanya menggunakan transportasi kereta api. Praktis, ekonomis dan tidak cape, nyaman pokoknya.

Apalagi sekarang aku gak perlu repot-repot ke stasiun untuk antri beli tiket. Tinggal buka aplikasi Pegipegi di smartphone lalu booking via applikasi lalu beres. Semudah itu.... tinggal datang ke stasiun, check in kode booking kita di mesin tiket lalu taraaaa.... sudah duduk manis di dalam kereta tanpa harus antri tiket yang membosankan itu. Lalu hanya 3 jam sudah sampai di kota Cirebon yang ngangenin.

Itu sebabnya ketika rindu papa, mama atau rindu sekedar makan siang dengan nasi jamblang dan lauk balakutaknya yang sensasional itu, gak pake repot tinggal booking pegi-pegi lalu pergi.

Cirebon salah satu kota yang setiap mendengar namanya di sebut menyelinap perasaan rindu. Kota pelabuhan dengan udaranya yang sebenarnya panas, anehnya terasa sejuk dalam ingatan seorang anak yang slalu rindu pulang menemui kedua orang tuanya.

16 comments:

  1. Orang sini menyebutnya 'mega mendung' mbak untuk motif batik itu. Tapi ya awan mendung juga gak apa-apa sih hehe karena mega=awan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... kenapa jadi awan mendung sih, maksudnya mega mendung. Typo.... mksh udh dikoreksi bang, aku benerin yaa.. :)

      Delete
  2. wah serunya bisa berkumpul dan main bareng gitu...selamat tahun baru yak... masih tanggal 3 itungannya..hehe

    ReplyDelete
  3. saya baru sekali ke cirebon..itu pun pas lewat cuma makan sama sholat di masjid //
    baru tahu klo ada batik..
    deket pekalongan soalnya ya..

    ReplyDelete
  4. sering banget dari sini mau ke cirebon tapi gagal ikut mulu. makasih mbak cirebon harus masuk list liburan nih

    ReplyDelete
  5. wahh kaya y menarik nih jadi pengen jalan jalan ke cirebon benern ngangenin ga sih ehehe

    ReplyDelete
  6. jadi pengen ke kota cirebon kak

    ReplyDelete
  7. belum pernah ke cirebon, jadi mau kesana.

    ReplyDelete
  8. terima kasih info y ,, artikel y bagus dan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  9. nice banget info y menarik dan bermanfaat sekali buat di baca dan tidak membosankan

    ReplyDelete
  10. terima kasih info y bagus dan menarik sekali buat di baca

    ReplyDelete
  11. belum pernah ke cirebon jadi pengen kesana sekalian nyobain soto y

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)