23/05/2019

BULAN JUNI YANG SPESIAL

Assallamuallaikum, sahabat blogger …

Apa kabar ?? sudah dipertengahan bulan Mei ya, waktu terasa cepat sekali berlalu. Rasanya baru kemarin memasuki bulan Mei, sebentar lagi hampir di ujungnya. Dan sebentar lagi memasuki bulan Juni. Selalu bahagia memasuki bulan ini, sekaligus bulan dengan banyak budget anggaran yang harus dipersiapkan hohoho. Persiapan tahun ajaran baru sekolah dan kuliah tentu saja.

Iya, bulan Juni adalah bulan special bagi kami sekeluarga dirumah. Kedua buah hati tercinta lahir pada bulan Juni. Dan biasanya kami setiap tahun memiliki rencana khusus di bulan Juni. Meski hanya sekedar liburan singkat keluar kota, atau sekedar mengundang keluarga besar untuk sama-sama berkumpul dan merayakan hari special itu. Sekedar makan Bersama misalnya, dirumah atau di restaurant.

Ketika berlibur ke Kota Batu- Malang

Karena keduanya sama-sama lahir di bulan Juni tapi berbeda tanggal, biasanya saya siasati dengan memilih tanggal merah ( libur nasional ) atau libur. Untuk menyatukan kedua hari lahir anak saya, ini salah satu tips juga untuk penghematan hahaha. Tasyakuran hari lahir dua anak di satu hari, jelas lebih hemat dan ekonomis *Lol.

Memilih tanggal merah atau libur nasional juga menjadi salah satu cara supaya uwa, om, tante dan para sepupu dan keponakan juga bisa hadir, karena tanggal merah otomatis mereka libur, tidak bekerja atau sekolah. Sudah menjadi problem Bersama di masa kinikan ya, sulitnya mngumpulkan keluarga besar di satu tempat di waktu yang sama. Mengingat kesibukan masing-masing. Tapi silaturahim jelas harus slalu diupayakan. Bukan sekedar moment hari lahir atau hari bahagia, tapi mencari makna kebersamaannya…salah satunya silaturahim antar keluarga.

Image by Google

Hari libur nasional di bulan Juni tahun ini di awali dengan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2019. Hari lahirnya ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejak tahun 2016 , pemerintahan Joko Widodo menetapkan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional. Jika bukan bulan ramadan, hari libur Pancasila ini mungkin akan saya agendakan untuk jalan-jalan dan berlibur ke kota Yogyakarta. Ada kirab insan Pancasila di kota Yogya yang bisa menjadi salah satu destinasi seru disana. Atau Grebeg Pancasila di Blitar , atau penampilan teater “ Percakapan langit dan bumi “ di Bali. Dan saya belum pernah menyaksikan secara langsung, moment perayaan Hari Lahir Pancasila tersebut secara langsung. Pasti seru dan sangat bermakna ya. Mengingat Pancasila adalah ideologi berdirinya bangsa ini. Bisa jadi moment mengenalkan secara mendalam pada anak-anak juga. Sayangnya belum bisa dilakukan tahun ini untuk menyaksikan perayaan Hari Lahir Pancasila di Yogyakarta atau Bali, mungkin tahun depan ? ;)

Kirab insan Pancasila Yogjakarta Image by Google

Karena bertepatan dengan bulan ramadan, ada libur nasional lebaran idul fitri juga di bulan Juni nanti. Saya dan keluarga berencana mudik dan berkumpul Bersama orang tua dan keluarga besar lainnya di kampung halaman kami di Cirebon dan Kuningan Jawa barat. Libur Bersama tahun ini lumayan panjang bagi pekerja kantoran dan anak-anak sekolah. Tidak sabar rasanya berkumpul dan bercengkrama Bersama keluarga besar disana.

Agenda kumpul-kumpul untuk syukuran ulang tahun anak-anak juga bisa dilakukan di kampung halaman, Bersama Oma dan Eyangnya juga kerabat lainnya. Ini ngomongin ultah, jangan membayangkan pesta ulang tahun, lalu tiup lilin atau nyanyi-nyanyi seperti anak TK merayakan ulang tahunnya ya. Hohoho mereka sudah besar, hanya meminjam moment hari lahir mereka saja. Bukan perayaannya, tapi Jauh lebih sederhana namun lebih bermakna, berkumpul Bersama keluarga… 

Nah, ada agenda apa sahabat blogger di Hari lahir pancasila 1 Juni nanti ? atau jangan-jangan sudah persiapan atau perjalanan mudik ke kampung halaman ? apapun itu, semoga semuanya berjalan lancar yaaa. Selamat menikmati hari libur bersama keluarga tercinta teman-teman :)

8 comments:

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)